Detak-Palembang.com PALEMBANG – Keberhasilan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dibawah pimpinan Panglima Besar Jenderal Sudirman, memukul mundur pasukan Sekutu pada tanggal 15 Desember 1945 merupakan refleksi kegigihan dan ketangguhan para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan. Peristiwa bersejarah itu kini ditetapkan sebagai Hari Juang Kartika (HJK).

Untuk memelihara dan melestarikan nilai-nilai kejuangan dan patriotisme prajurit TKR sebagai salah satu cikal bakal TNI AD, yang gigih mempertahankan kemerdakaan pada Palagan Ambarawa, setiap tahunnya seluruh satuan jajaran TNI AD memperingati momen bersejarah tersebut melalui berbagai kegiatan baik yang bersifat fisik maupun non fisik.

Kodam II/Swj beserta unsur-unsurnya, meliputi Korem 041/Gamas, 042/Gapu, 043/Gatam, 044/Gapo dan 045/Gaya, guna menyongsong peringatan HJK ke-72 yang jatuh pada tanggal 15 Desember 2017 mendatang, secara serentak akan menggelar berbagai kegiatan antara lain ; Bakti Sosial dalam bentuk Donor Darah, Khitanan massal, Operasi Katarak, Pengobatan massal dan Pemberian santunan kepada Warakawuri/pensiunan pejuang. Selain itu juga diselenggarakan Karya Bakti dengan obyek kegiatan meliputi pembersihan lingkungan di sekitar satuan, tempat-tempat ibadah, penghijauan bahkan Bedah Rumah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat yang merupakan nafas TNI AD.

Sementara itu, untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dan berprestasi, Kodam II/Swj juga menyajikan kegiatan dalam bentuk Lomba Lari 10 K, Jalan Santai 5 K, Lomba Sepak Bola, Lomba Bola Volly bahkan Gowes yang direncanakan menyusuri rute dari Kota Palembang hingga Pulau Bangka. Uniknya, kegiatan Lomba 10 K yang akan digelar pada tanggal 10 Desember 2017 tersebut, dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Dan tentunya, seluruh gelaran kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh prajurit TNI namun juga melibatkan unsur Polri, instansi Pemda, Organisasi di wilayah, Pelajar serta Masyarakat luas sehingga sangat selaras dengan Tema HJK yang diusung pada tahun ini, yaitu : “MANUNGGAL DENGAN RAKYAT TNI AD KUAT”.

Sehari menjelang peringatan, akan dilaksanakan Ziarah Rombongan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) dan Doa Bersama.

Pucaknya peringatan HJK Tahun 2017, ditandai dengan upacara parade yang akan diperkaya dengan gelaran Demonstrasi Bela Diri Militer (BDM) Yongmoodo, Drama Kolosal yang akan mengilustrasikan cerita perjuangan Rakyat serta Bhakti Sosial dan Hiburan Rakyat. Kegiatan protokoler ini akan serempak diselenggarakan di seluruh wilayah Kodam II/Swj, meliputi Provinsi Sumsel, Jambi, Lampung, Bengkulu dan Babel. Untuk wilayah Provinsi Sumsel, akan dilangsungkan di Stadion Garuda Sriwijaya (SGS) Jasdam II/Swj, Km.9 Palembang.

Melengkapi rangkaian kegiatan peringatan HJK Tahun 2017, Kodam II/Swj juga telah menyiapkan Event Juang Kartika Offroad Individual Open 2017 (Pangdam II/Swj Cup) yang akan digelar pada tanggal 16 s.d 17 Desember 2017 (Scrutineering Tanggal 14 s.d 15 Desember 2017), bertempat di Sirkuit Sriwijaya Driving Skills Area (SDSA) Yonif Raider 200/BN Gandus Palembang, dengan komponen kegiatan meliputi ; Final Kejurda Seri III Sumsel Non Winch (5SCS), Offroad Individual Open (5SCS), Country Road (1CR), Lomba Menembak Senapan Offroader serta Kontes Mobil Klasik dan Modifikasi.