Detak-Palembang.com MADRID – Walau bermain imbang 2-2, Real Madrid melangkah ke final Liga Champions setelah berhasil menahan sekaligus menyingkirkan Bayern Muenchen dari Liga Champions pada laga kedua semifinal di Stadion Santiago Bernabeu, Selasa (1/5) atau Rabu )2/5) dini hari WIB. 

Bayern Muenchen sempat unggul lebih dahulu pada menit ke tiga hasil tendangan Joshua Kimmich. Dibalas Real Madrid pada menit ke-11 lewat gol Karim Benzema, lalu ditambah golnya pada menit ke-46. Namun James Rodriguez mengimbangi skor pada menit ke-65. Dan sampai akhir peluit dibunyikan oleh wasit Cuneyt Cakir dari Turki skor tetap bertahan 2-2 sehingga Real Madrid masih unggul agregat 4-3.

Pada jalannya laga, Bayern Muenchen sebenarnya tampil lebih mendominasi. Mereka memimpin penguasaan bola dengan 56 persen.

Dari segi peluang, Die Roten memiliki 20 yang 8 di antaranya mengarah tepat sasaran. Adapun Real Madrid mempunyai 9 kesempatan, di mana 3 on target.

Mengambil insiatif serangan sejak awal pertandingan, Bayern Muenchen langsung memimpin 1-0 pada menit ke-3. Berawal dari umpan silang Thomas Mueller yang gagal dipotong bek Real Madrid, Sergio Ramos, bola kemudian mengenai Corentin Tolisso.

Pantulan bola mengarah ke Joshua Kimmich yang langsung melepaskan tendangan terukur dari jarak dekat. Berselang delapan menit, pasukan Zinedine Zidane mampu menyamakan kedudukan.

Karim Benzema berhasil mengonversi crossing Marcelo dengan sundulan yang tak dapat dihalau kiper Bayern Muenchen, Sven Ulreich. Skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Real Madrid mencoba menekan terlebih dahulu.

Suporter tuan rumah bersorak setelah Karim Benzema mengemas gol pada menit ke-46 untuk membawa Real Madrid berbalik unggul 2-1.

Gol Benzema ini bermula dari kesalahan gelandang Bayern Muenchen, Corentin Tolisso, yang memberikan operan lemah kepada Sven Ulreich. Ulreich lalu terpeleset yang membuat bola terus menggelinding mendekati gawangnya.

Benzema pun dengan mudah menyontek si kulit bulat ke gawang kosong.

Pada menit ke-63, James Rodriguez mencatatkan namanya di papan skor sekaligus mengubah kedudukan kembali imbang menjadi 2-2.

Memanfaatkan bola muntah hasil sepakannya sendiri, Rodriguez menghunjamkan sepakan kaki kanan yang membuat bola meluncur di antara kaki Keylor Navas. Skor 2-2 tetap tidak berubah hingga peluit panjang dibunyikan.

Dalam pertandingan final yang akan berlangsung di Stadion NSC Olimpiyskyi, Kiev, Ukraina pada 26 Mei 2018, Real Madrid akan menghadapi pemenang antara AS Roma dan Liverpool FC.

Roma dan Liverpool masih akan melakoni laga leg kedua semifinal Liga Champions di Stadion Olimpico, Rabu (2/5/2018) waktu setempat atau Kamis pukul 01.45 dini hari WIB. The Reds sementara memimpin agregat 5-2.

Real Madrid (4-4-2): 1-Keylor Navas; 4-Sergio Ramos, 12-Marcelo, 5-Raphael Varane, 17-Lucas Vazquez; 23-Mateo Kovacic (14-Casemiro 73′), 10-Luka Modric, 8-Toni Kroos, 20-Marco Asensio (6-Nacho Fernandez 88′); 7-Cristiano Ronaldo, 9-Karim Benzema (11-Gareth Bale 72′); Pelatih: Zinedine Zidane

Bayern Muenchen (4-2-3-1): 26-Sven Ulreich; 5-Mats Hummels, 27-David Alaba, 4-Niklas Suele, 32-Joshua Kimmich; 6-Thiago Alcantara, 24-Corentin Tolisso (2-Sandro Wagner 75′); 7-Franck Ribery, 11-James Rodríguez (8-Javi Martinez 84′), 25-Thomas Mueller; 9-Robert Lewandowski; Pelatih: Jupp Heynckes