MOBIL

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Untuk mengatasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), PT. Sinarmas menyerahkan kendaraan untuk keperluan operasional penanggulangan karhutla kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel). Penyerahan tersebut dilakukan penandatanganan MoU antara Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin bersama Direktur PT. Sinarmas, Suhendra Wiriadinata di Griya Agung Palembang, Jumat (24/6).

Penyerahan kendaraan operasional penanggulangan Karhutla tersebut diserahkan langsung oleh Direktur PT. Sinarmas, Suhendra Wiriadinata kepada Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin. Ada 11 unit kendaraan operasional penanggulangan karhutla yakni 9 (Sembilan) Mitsubishi Triton Double Kabin, 1 (Satu) New Toyota Kijang Innova dan 1 Daihatsu Xenia.

Dari 11 kendaraan tersebut dilakukan penandatanganan MoU antara Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Provinsi Sumsel bersama Direktur PT. Sinarmas yang disaksikan oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, kemudian dilakukan penandatanganan penyerahanan kepada pihak-pihak yang mendukung karhutla, seperti Dandrim 044/Gapo, Kapolres Ogan Ilir, Kapolres Banyuasin, Ogan Komering Ilir (OKI), Kepala BPBD Provinsi Sumsel, BPBD Musi Banyuasin, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Koordinator Restorasi Gambut dan Ketua Ahli TRG Provinsi Sumsel dan Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel.

“Atas nama Provinsi Sumsel saya ucapkan terimah kasih atas bantuan kendaraan operasional karhutla dari PT. Sinarmas, tentu yang menerima bantuan tersebut semuanya bersatu untuk tahun lalu, untuk memadamkan kebakaran terutama gambut yang sekaligus menyelamatklan investasi dari PT. Sinarmas sebesar Rp. 40 triliun yang merupakan pabrik kertas terbesar di dunia,” ujar Alex Noerdin.

Lanjut Alex mengatakan, “Mudahan-mudahan tahun ini seperti yang ditargetkan dan harapan “zero asap”. Kita jangan lepas kewaspadaan kalau nanti badai dingin berakhir, efek dari El Nino masih ada sampai sekarang dan kita berjuang bukan hanya terjadi kebakaran tetapi bagaimana tidak terjadi kebakaran, bagaimana lingkungannya yang rusak itu bisa baik kembali dan bagaimana hutan itu bisa merestorasi baik itu dibantu dan merestorasi dirinya sendiri. Inilah yang sedang kita laksankan bersama-sama,” tandasnya.

SINAR MAS

Sementara itu, Direktur PT. Sinarmas, Suhendra Wiriadinata mengatakan,  penyerahan kendaraan operasional ini dilakukan untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran. “Semoga tahun ini dan tahun kedepanya tidak ada lagi karhutla di Provinsi Sumsel,” pungkasnya.

Selain penyerahan kendaraan operasional karhutla, PT. Sinarmas menyerahkan waqaf 1.000 Al-Qur’an serta 500 Juz Amma. “Al-Qur’an ini kualitas sangat baik, kertasnya juga kualitas sangat baik, kertas Al-Quran ini merupakan hasil dari pabrik PT. Sinarmas itu sendiri, jadi kualitas kertasnya sangat baik. Kalau Juz Amma, kita serahkan kepada saudara-saudara kita yang mempunyai keterbatasan pengelihatan,” pungkasnya.