Detak-Palembang.com PALEMBANG – Tidak kurang dari 7.000 atlit dan official yang akan mengikuti penyelenggaraan Asian Games 2018 (AG 2018), Jakarta-Palembang, Agustus 2018 mendatang akan menginap di Atlet Village Jakabaring. Dari sejumlah itu, 3.200 akan bertanding di Palembang.

Direktur Government Relation INASGOC, Raja Parlindungan Pane menyampaikan, semua atlet akan tinggal di Atlet Village Jakabaring Sport City. Atlet Village terdiri dari tiga gedung dan tiga gedung lagi saat ini digunakan untuk Politeknik Parawisata Sriwijaya.

“Atlet village itu dapat menampung sekitar 2.000 atlet dan official, sehingga ada 1.200 yang belum tertampung. 1.200 atlet dan official tersebut akan di tampung di Rusunami. Dari tiga tower Rusunami yang dibangun cukup satu tower yang digunakan untuk menampung atlet,” ujar Raja di Hotel Exelton, Rabu (15/11).

Ia melanjutkan, pembangunan Rusunami berdiri sendiri dibawah Perum Perumnas yang bekerjasama dengan pemprov Sumsel, tidak seperti pembangunan venue dibawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Peta).

“Pembangunan Rusunami sudah mencapai lantai 7 tinggal 3 lantai lagi. Tetapi perumnas yakin pada Maret 2018 akan clean,” katanya.

Namun ada kendala atlet yang berada di rusunami tidak mungkin makan dinning hall yang ada di atlet village karena jaraknya.

“Sebagai jalan keluar maka akan dibuatkan Rhodes tenda sama seperti yang dilakukan pada Olimpiade Rio De Jenerio. Atlet yang ada di rusunami tidak makan di dinning hall atlet village tetapi di tenda,” jelasnya.

Dari hasil survey INASGOC dan PU Pera, Palembang sangat siap sekali melaksanakan Asian Games. Ia mengatakan Kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya karena belum tentu dalam jangka 40 tahun kedepan Indonesia kembali menjadi tuan rumah Asian Games.