Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Nasrun Umar membuka secara resmi Workshop Nasional Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/kota seluruh Indonesia (Asdeksi) di Hotel Zuri, Jumat (08/02). Acara ini dihadiri Ketua Umum Asdeksi Tri Puguh Priyadi, S.H., M.M dan Motivator Eko Suseno HRM, SE, MM, PFC.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel sekaligus Ketua Umum Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Nasrun Umar menuturkan, pada Pasal 178 ayat (1) Penelaahan Pokok-pokok pikiran DPRD sebagaimana dimaksud dalam Pasal 153 huruf K merupakan kajian permasalahan pembangunan daerah yang diperoleh dari DPRD berdasarkan risalah rapat, dengar pendapat atau rapat hasil penyerapan aspirasi melalui reses, dan pada ayat (4) hasil telaah pokok-pokok pikiran DPRD dirumuskan dalam daftar permasalahan.

4″Sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, pada pasal 31 ayat (4) Sekretariat DPRD kabupaten/kota mempunyai tugas mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD kabupaten/kota. Salah satunya adalah fasilitasi Sekretariat DPRD dalam penyusunan telaahan pokok-pokok pikiran DPRD,” ungkapnya

Dalam kesempatan ini pula Nasrun menginformasikan, bahwa Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) akan menggelar Rakernas pada tanggal 20 – 22 Februari mendatang di Kota Balikpapan yang rencananya akan dihadiri pula oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Selaku Ketua Umum DPP saya mengundang dan mengharapkan kehadiran Pengurus dan Anggota ASDEKSI untuk dapat hadir pada acara pembukaan Rakernas yang akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 20 Februari 2019 pukul 09.00 WITA di Hotel Grand Senyiur,” katanya

Untuk diketahui,  Forsesdasi adalah wadah yang dibentuk oleh para Sekretaris Daerah melalui Munas I Forsesdasi pada tanggal 25 November 2011 di Jakarta, bertujuan untuk saling membantu dan bersatu padu serta berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemerintahan nasional pada umumnya dan penyelenggaraan pemerintahan daerah pada khususnya dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Nantinya, Rakernas Forsesdasi akan mengusung tema “Percepatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Guna Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Kelas Dunia 2025 melalui Inovasi Pelayanan Publik dan Pencegahan Korupsi”.

“Tujuan Rakernas untuk menjalin silaturahmi dan agar anggota Forsesdasi dapat berpartisipasi aktif mendukung penyelenggaraan pemerintahan daerah melalui pengelolaan sumber daya manusia aparatur sipil negara yang profesional, berintegritas dan berkinerja tinggi untuk mewujudkan cita-cita reformasi birokrasi yaitu pemerintahan berkelas dunia 2025,” pungkasnya