Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Indonesia menambah perolehan medali emas 31 dari cabang Sepak Takraw di Asian Games 2018. Final Men Quadrant yang berlangsung di Venue Takraw GOR Ranau Jakabaring Sport City, Sabtu (01/09) tim Indonesia mengalahkan tim Sepak Takraw dari Jepang.

Tim Takraw Indonesia yang diawaki oleh M.Hardiansyah Muliang sebagai Feeder, Saiful Rizal sebagai Killer, Husni Uba sebagai Killer,Rizky Abdul Rahan Uba sebagai Tekong, Nofrizal sebagai Killer cadangan, Abdul Halim Radjiu sebagai Tekong cadangan.

Sementara tim dari Jepang dengan personil, Yuki Sato sebagai killer, Seiya Takano sebagai Feeder,  Toshitaka Naito sebagai Killer, Hirokazu Kobayashi sebagai Tekong, Takeshi Terashima sebagai Killer cadangan, Masanori Hayashi sebagai Killer cadangan.

Di Hadapan ribuan pendukungnya, tim Indonesia harus menelan kekalahan pada set pertama dengan skor 15 – 21 untuk Jepang. Pada set kedua Indonesia mengubah strategi permainan dan terjadi kejar mengejar angka dengan kesudahan 21 – 14 untuk kemenangan tim Indonesia.

Karena kedudukan 1 – 1 maka pertandingan dilanjutkan set perpanjangan.  Pada set ketiga, permainan tidak jauh berbeda dengan set kedua terjadi kejar mengejar poin, namun tim Indonesia memimpin perolehan poin, pada akhirnya menutup dengan menang 21 – 16. Untuk medali perunggu juara bersama tim Vietnam dan Singapura.

Asri Syam, Pelatih tim Indonesia mengatakan, dalam Cabang Takraw, Indonesia memperoleh 5 medali dengan rincian 1 medali emas, 1 medali perak dan 3 medali perunggu.

“Kekalahan kita pada set pertama karena masih memakai strategi saat penyisihan, sehingga kita kewalahan, tidak ada satu bola pun dari pemain Jepang dapat di blok,” ungkapnya.

Pada babak kedua ia merubah strategi, harus ada blok baik tunggal maupun double dan sayap harus buka. Alhamdulillah ia berucap bisa bertahan pada babak kedua dan memaksakan set tambahan.

“Emas ini merupakan emas pertama bagi bangsa Indonesia dari cabang Takraw di ajang Asian Games, ini menjadi sejarah karena itu mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Indonesia. Dari pertama Sepak Takraw dipertandingkan di Asian Games kita hanya dapat perunggu ! Perunggu !. Jadi pada Asian Games 2018 ini kita baru bisa mendapat emas,” tutupnya.