Detak-Palembang.com PALEMBANG – Rencana normalisasi kolam retensi dikawasan arafuruh Sungai Buah Kecamatan Ilir Timur Dua, menjadi perhatian Walikota Palembang H. Harnojoyo pasalnya kawasan yang terletak diwilayah barat PT. PUSRI sering tergenang air ketika intensitas hujan tinggi.

Selain akan menormalisasi kolam retensi, Walikota Harnojoyo juga meminta dinas terkait segerah membangun fasilitas umum yang ada dikawasan tersebut.

“Kita bangun juga fasilitas olahraga, jogging track disini,” ujar Harnojoyo usai memimpin gotong royong di kolam retensi sungai buah, Minggu (5/11).

Tidak hanya itu, Walikota Harnojoyo juga telah meminta kepada PT. PUSRI untuk membangun pompanisasi sungai buah agar dapat mengurangi genangan air yang sering terjadi.

“Beberapa waktu yang lalu, kami sudah bicara kepihak pusri, mereka sepakat untuk pembuatan pompanisasi di kawasan Pusri,” jelas Harno.

Sementara itu kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PU PeraKP) Kota Palembang, Siaful menjelaskan khusus kolam retensi yang ada di Kota Palembang telah dilakukan pemeliharaan secara rutin namun untuk kolam retensi sungai buah membutuhkan waktu beberapa hari kedepan mengingat akses kelokasi tidak bisa leluasa untuk memasukan alat berat serta kolam dipenuhi enceng gondok serta rumput liar.

“Pemeliharaan dilakukan secara rutin, akan kita fungsikan outlet yang belum maksimal,” kata Saiful.

Sementara itu warga setempat, Acan Sohar (53) berterima kasih kepada Pemerintah Kota Palembang, karena segerah menyelesaikan persoalan genangan air yang terjadi diwilayahnya, menurut pria berkaca mata itu saluran yang ada di Kelurahan Sungai Buah sering tidak mampu menampung debit air yang datang diwilayah hulu.

“Setelah gotong royong dan membersihkan kolam, tadi aku dengar sendiri rencana pak walikota dan PU untuk menjadikan kawasan ini taman sekaligus sarana olahraga, setelah dibersihkan ini,  semoga genangan air tidak terjadi lagi,” harap Acan.