Detak-Palembang.com DAMAR, BELITUNG TIMUR – Sawah yang terletak di Desa Air Krlik Kec Damar Kab Belitung Timur mulai di panen masa tanam Oktober Maret (Okmar) (Senin 16/04),  Panen raya diatas Areal 7 ha ini masuk dalam  Kelompok Tani Karya Sepakat   dengan  jenis padi yang ditanam Impari yang cocok di sawah Air Krlik ini.

Sawah yang di cetak tahun 1996 yang lalu ini sudah terlihat hasinya terbukti  penghitingan hasil ubinan  panen rata” 5.1 ton/ Ha. Dari standar pertanian Prov Kep Babel  saat ini hasil per hektarnya dikatagorikan cukup baik.

“Terima kasih kepada masyarakat yang cukup gigih dan ulet untuk menjaga dan memeihara sawah di air kelik ini sehingga dapat hasil yang memuaskan “Papar Kades Air Kelik

“Kita kedepan harus mampu swasembada pangan di kecamatan Damar. Langkah awal kita harus punya hak paten Beras Air Kelik,” ungkap Camat Damar M yulhaidir  S. Si, M.Kes.

Sementara Kasdim 0414 Belitung Mayor Ruhin Seijin Dandim Letkol Kav Eko S mengatakan Bahwa ” TNI siap untuk mendampingi dan mengawal program ketahanan pangan di wilayah Kec Damar ini,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pertanian Kab  Beltim Bapak Hamali “saya akan mengapresiasi kepada PPL yang berhasil membina para petaninya dan akan saya kasih penghargan “ungkapnya.

“Akan koordinasi dengan Pihak PT Timah untuk memanfaatkan lahan pasca timah dengan dikembangka pertanian untuk masyarakat Beltim,” ungkapnya Anggota DPRD Koko Haryanto SIP.

Turut hadir dalam acara pane raya ini  PPL Bapak Mugiono, Kepala Desa Air kelik Bapak Suhardi, toga. tomas. Tokoh adat dan para poktan setempat.