Detak-Palembang.com PALMBANG – Puluhan Satuan Petugas (Satgas) Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunla) bekerja sama saling bahu membahu siang dan malam untuk mencegah terjadinya Karhutbunla di wilayah Kodim 0402/OKI.

Seperti yang terjadi pada hari ini, Jum’at (3/7/2018) di Kabupaten Ogan Ilir (OI). Dalam sehari terjadi kebakaran lahan di empat lokasi yang berbeda. Yakni di Ds. Gajah Mati Kec. Sungai Menang, Ds. Sungai Rambutan, Kec. Indralaya Utara, Ds. Simpang Tiga Sakti, Kec. Talang Selapan dan Ds. Muara Baru yang berbatasan dengan Ds. Simpang Pelabuhan Dalam, Kec. Pemulutan Induk, Kab. OI.

Dari keempat lokasi kebakaran lahan tersebut, diketahui 5 Ha lahan milik perusahaan PT. NAWA SURYA dan 3 Ha lahan milik masyarakat hangus   terbakar. Sementara lokasi lahan yang terbakar diketahui milik PT. EXPOSINDO masih didata oleh aparat Babinsa dan Kepolisian.

Puluhan Satgas Karhutbunla bersama BPBD OI, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), RPK milik Perusahaan, Babinsa dan Babinkamtibmas langsung terjun ke lokasi dan berjibaku memadamkan api agar tidak merambat ke lahan yang dekat dengan perkampungan penduduk.

Tidak hanya Mesin Pompa air dan 1 unit mobil tanki saja, sebanyak tiga unit helikopter water bombing dikerahkan untuk memadamkan api di lokasi tersebut.

Saat ini pencegahan masih terus dilakukan oleh Satgas Karhutbunla, yaitu melakukan pembasahan lahan yang sudah terbakar. Tujuannya untuk memastikan agar api yang membakar lahan tersebut benar-benar padam.