Detak-Palembang.com – Palembang , Gubernur Sumsel H Herman Deru mengucapkan selamat Hari Perhubungan Nasional (HARHUBNAS) 2022. HD berterima kasih atas dipilihnya kota Palembang, Sumatera Selatan sebagai tempat penyelenggaraan Upacara Peringatan HARHUBNAS. (Benteng Kuto Besak, Sabtu, 17/9/2022)

“Doa kami semoga insan perhubungan selalu semangat dan setia melayani transportasi untuk masyarakat. Terutama di Sumsel, Kemenhub diharapkan terus mendukung pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat yang akan segera dimulai,” ujarnya.

Sebelumnya, Selaku Inspektur Upacara, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, ungkapkan tahun ini puncak HARHUBNAS dilaksanakan di kota Palembang, Sumsel. Hal ini bermakna bahwa Pembangunan Nasional haruslah dilakukan di seluruh Indonesia secara merata, seperti yang diarahkan Presiden RI Joko Widodo. Sama halnya bahwa peringatan HARHUBNAS tidak hanya ada di Jakarta tapi juga diseluruh Indonesia.

Dipilihnya Palembang karena kota ini salah satu percontohan moda transportasi yang maju, dengan basis utama LRT terintegrasi bis penumpang dan angkot modern serta Pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat.

“Menurut data BPS, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi pasca pandemi covid-19. Sektor transportasi memberikan kontribusi sekitar 21,27 persen pada kuartal 2 untuk pertumbuhan ekonomi Nasional,” tuturnya.

Budi menambahkan tanpa sinergi dan kolaborasi ini tidak berjalan. Tema Bangkit Maju Bersama dalam acara ini harus diimplementasikan dengan baik. Begitu juga kolaborasi antara pusat dan daerah membangkitkan sektor trasnportasi dengan peran masing-masing.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pemberian bansos kepada masyarakat kurang mampu yang terdiri atas supir dan pengemudi ojek online.

Turut hadir Forkopimda se-Sumsel, Walikota Palembang, H Harnojoyo, Kadishub Sumsel Ari Narsa, Kasatpol PP, Aris Saputra.