Detak-Palembang.com PALEMBANG – Gubernur Sumsel Herman Deru terus menjalankan agenda rutinnya melakukan Safari Shalat Jumat bersama pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel. Pada Jumat (4/1) kali ini  HD melakukan safari di Masjid Ar Rahma Tiga Putri Jalan PDAM Tirta Musi Bukit Lama.

Dikatakan HD, safari shalat Jumat ini sudah diagendakan sejak dirinya dilantik menjadi Gubernur Sumsel 1 Oktober 2018 lalu. Namun kegiatan serupa juga telah dilakoninya sejak menjadi Bupati OKU Timur.

Selain kewajiban sebagai umat muslim, safari seperti ini menurutnya efektif meningkatkan silaturahmi antara kepala daerah dan warga. Dengan melakukan safari hingga ke pelosok-pelosok, HD mengaku diuntungkan karena bisa langsung menyerap keluhan dari warga.

“Kebiasaan Safari Jumat ini saya lakukan sejak 14 tahun lalu. Mulai saya menjabat menjadi Bupati, tidak lagi menjabat bahkan menjadi gubenur pun saya terus lakukan,” tuturnya.

Safari Jumat ini sangat penting baginya karena bisa menjadi sarana melihat secara langsung serta mendengarkan langsung apa yang menjadi keinginan bagi masyarakat.

“Iya safari jumat ini sangat penting sebagai sambung rasa dengan masyarakat sehingga kita semakin tahu kondisi yang sebenarnya di lapangan ini. Kadang saya tidak memberi tahu mau ke masjid mana, secara dadakan saya tunjuk saja masjid mana jadi saya tahu kondisi rillnya,” sambungnya.

Dengan begitu ada sebuah kedekatan menjadi tidak terbatas sesama kaum muslim untuk menyampaikan masalahnya di saat pada derajat yang sama.

“Jadi melalui shalat inilah yang dapat menjaring aspirasi masyarakat. Mudah-mudahan dengan kebersamaan kita dapat terwujud dalam membangun Provinsi Sumsel lebih maju,” tutupnya.

Ketua Masjid Ar Rahma Tiga Putri Syarif Hidayatullah mengucapkan terima kasih kepada orang nomor satu di Sumsel ini karena dapat menjalankan shalat Jumat berjamaah di Masjid ini.  “Aini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami karena baru pertama kalinya gubernur shalat disini,” pungkasnya.