RUSUN

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR-RI) DR. Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono M.Sc didampingi Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin dan Direktur Utama Perum Perumnas Himawan Arief Sugoto meresmikan pembangunan dan launching pemasaran rumah susun umum untuk mendukung Asian Games 2018 dan program sejuta rumah untuk rakyat, di Jakabaring Sport City (JSC), Kamis (09/06).

Bersama dengan pemerintah provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), didukung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pembangunan rumah susun ditargetkan rampung pada 2017 atau satu tahun sebelum pelaksanaan Asian Games 2018 dilaksanakan.

Menggunakan areal lima hektar di daerah Jakabaring, rumah susun akan dibangun sebanyak enam tower dengan ketinggian 23 lantai.

Lokasi rumah susun akan terintegrasi dengan Light Rail Transit (LRT), keseluruhan rumah susun yang mencapai 2600 unit serta terhubung dengan jembatan Musi IV.

Dirut Perum Perumnas Himawan Arief Sugoto mengatakan, rumah susun dalam pembangunannya tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Kawasan hunian atlet yang berkonsep rumah susun umum ini akan menjadi yang terbesar dan terintegrasi di Palembang,” jelasnya.

Lanjutnya, Nantinya kawasan hunian ini akan ditargetkan kepada para PNS, instansi Pemprov Sumsel dan masyarakat umum lainnya dengan kualitas yang telah disesuaikan dengan standar internasional (AOC).

“Kedepannya, kawasan Jakabaring ini akan menjadi icon baru untuk Kota Palembang di sisi pengembangan kawasan,” ujarnya.

Proyek yang menggunakan dana Rp600 miliar dalam pembangunannya didukung oleh Pemprov Sumsel dalam masalah perizinan. Lahan yang free dan clear merupakan salah satu kunci Perumnas dapat mempercepat pembangunan proyek hunian ini. Dari sisi pendanaan Perumnas menjalin kerjasama dengan Perbankan nasional dan daerah.

RUSUN1

“Kami juga meluncurkan pendaftaran perdana pada proyek hunian rusun Jakabaring. Proses pembangunan dan pendaftaran berjalan secara paralel sehingga seusai pelaksanaan Asian Games sudah bisa diserahterimakan kepada pembeli dalam hal ini PNS,” ujarnya.

Sementara itu Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono, menyambut baik dibangunnya rusun. Rusun ini setara dengan hotel bintang tiga, lebih tepat disebut Apartemen daripada rumah susun.

“Kementerian PUPR menyambut baik terdapatnya proyek nasional yang tidak
membebankan APBN. Hal ini seyogyanya dapat digulirkan di wilayah lainnya guna mempercepat program sejuta rumah,” jelasnya.

Lanjut Basuki, menanggapi permintaan Gubernur Sumsel untuk pembangunan lainnya seperti jalan dan jembatan itu sudah dalam program.

“Untuk jalan dan jembatan sudah kami programkan dan sudah menjadi prioritas. Visi kedepan pak Alex sangat baik,  jangan seperti di pulau Jawa yang sudah terlambat dalam pembangunan jembatan dan jalan,” pujinya.

Sementara itu Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, kehadirannya diacara yang sangat penting yang akan mengubah kultur, live style dan budaya masyarakat Palembang.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Menteri PUPR karena apa yang kami minta dikabulkan oleh menteri. Kami dengan kemauan yang kuat tetapi mempunyai kekurangan dana, oleh karena itu perlu bantuan dari Menteri,” ucapnya.