Detak-Palembang.com JAKARTA – Di awal tahun 2018, Ruangguru, penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia menyelenggarakan public gathering bersama pengguna, mitra, serta sejumlah influencers, bertempat di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan. Pada kegiatan tersebut, co-founders Ruangguru, Belva Devara dan Iman Usman memaparkan sejumlah capaian Ruangguru di tahun 2017 dan rencana kerja di tahun 2018, Rabu (04/01).

Selama tahun 2017, pengguna Ruangguru meningkat 5 kali lipat dari 1 juta pengguna hingga 6 juta pengguna–dengan mayoritas pengguna SMP dan SMA. Ruangguru juga membangun kemitraan dengan 32 pemerintah provinsi dan 326 pemerintah kota/kabupaten untuk mendorong penetrasi layanannya di daerah. Angka ini meningkat drastis dari hanya 16 kemitraan pada akhir 2016. Ruangguru juga berhasil menggelar tryout Ujian Nasional yang diikuti oleh lebih dari 700.000 orang hanya dalam waktu 10 hari yang merupakan salah satu ujian online terbesar di Indonesia.

Pada tahun 2017, Ruangguru juga meluncurkan beberapa produk baru. Pada Q1 2017, Ruangguru digitalbootcamp, platform belajar berbasis grup chat dengan guru standby. Lebih dari 96% siswa Ruangguru digitalbootcamp berhasil meraih nilai rata-rata di atas 70 pada Ujian Nasional 2017. Pada Q3 2017, Ruangguru juga meluncurkan ruangbelajar, yaitu bimbel online berbasis aplikasi dengan video belajar, latihan soal dan pembahasan serta rangkuman modul. Pada Q4 2017, diluncurkan pula ruangkelas, yaitu platform classroom management yang dapat digunanakan oleh guru untuk memberi tugas dan memonitor perkembangan belajar siswa. Berbagai layanan baru ini melengkapi ekosistem pendidikan Ruangguru. Selain produk di atas, sebelumnya Ruangguru telah meluncurkan ruangles (marketplace guru privat terbesar di Indonesia dengan 150.000 guru privat), ruanglesonline (layanan bimbingan belajar on-demand), dan ruanguji (platform ujian dan tryout online).

Pada tahun 2017, Ruangguru juga berhasil menyita perhatian Presiden RI dan sejumlah menteri kabinet, dengan diikutsertakannya Ruangguru dalam sejumlah agenda kenegaraan. Di penghujung 2017, Ruangguru menandatangani nota kesepahaman kerjasama (MoU) dengan Kementerian Perindustrian untuk penyediaan konten online untuk pengembangan industri lewat aplikasi Ruangguru.

“Kami sangat bersyukur dan bergembira dengan segala pencapaian yang berhasil kami raih di tahun 2017. Kami bangga dapat mempertahankan posisi Ruangguru sebagai platform pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia. Ini semua tidak lepas dari kerja keras dan dukungan seluruh karyawan Ruangguru yang kini berjumlah >300 orang dan juga jutaan pengguna Ruangguru di berbagai daerah”, ujar Belva Devara, Co-Founder & CEO Ruangguru.

“Pada tahun 2018 ini, kami berharap dapat melanjutkan pencapaian ini. Kami berencana untuk mengembangkan platform pelatihan bagi guru serta turut terlibat dalam mendorong pendidikan vokasi. Penggunaan layanan/platform Ruangguru untuk keperluan bisnis dan institusi juga akan diujicobakan. Segala langkah ini sejalan dengan visi Ruangguru untuk terus mencerdaskan kehidupan bangsa, termasuk dengan mendorong pendidikan di luar kelas. Inilah cara kami merevolusi pendidikan lewat teknologi”, ujar Iman Usman, Co-Founder & Chief of Product and Partnership Ruangguru.

Dalam acara yang sama, Ruangguru juga secara resmi mengumumkan aktor dan penyanyi Iqbaal Ramadhan sebagai brand ambassador Ruangguru. Iqbaal merupakan sosok yang diidolakan oleh remaja di Indonesia saat ini, terutama sejak memulai kariernya sebagai personil Coboy Junior (kemudian CJR). Tidak hanya berprestasi di bidang musik dan film, Iqbaal juga adalah pelajar SMA yang berprestasi. Terbukti, saat ini Iqbaal merupakan peraih beasiswa di United World College (UWC), Montezuma, Amerika Serikat (AS), salah satu sekolah terbaik yang setiap tahunnya menerima siswa dari lebih 80 negara di dunia. Iqbaal adalah satu-satunya siswa Indonesia yang diterima di angkatannya.

Iman Usman, Chief Product Officer (CPO) Ruangguru mengatakan “Menurut kami, Iqbaal adalah paket komplit. Tidak hanya berprestasi di berbagai bidang, tapi kami berharap dengan bergabungnya Iqbaal di keluarga besar Ruangguru bisa membawa pengaruh positif dan bisa menginspirasi lebih banyak anak-anak di Indonesia.”

Sebagai brand ambassador Ruangguru, Iqbaal, tidak hanya menjadi spokesperson dan mengampanyekan produk Ruangguru tetapi juga ikut berpartisipasi dalam pengembangan produk seperti mengajar beberapa materi pelajaran Bahasa Inggris di platform ruangbelajar untuk jenjang SD. SMP dan SMA, serta memberikan masukan dalam berbagai program Ruangguru lainnya agar tetap relevan dengan anak muda masa kini.

“Salah satu masalah pendidikan yang bikin aku prihatin adalah akses pendidikan yang belum merata, seharusnya semua murid dan semua anak memiliki kesempatan, fasilitas belajar yang sama. Aku percaya, teknologi merupakan salah satu solusi yang paling efektif. Rasanya saat terpilih menjadi brand ambassador Ruangguru, senang dan bangga, memang pendidikan adalah salah satu passion-ku dan sekarang aku bisa berkontribusi di salah satu platform pendidikan terbesar di Indonesia” ujar Iqbaal Ramadhan.