Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pjs Walikota Palembang mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keramahtamahan serta keamanan pelaksanaan Asian Games 2018. Perhelatan olahraga akbar Asia tersebut akan sukses bila pemerintah dan masyarakat dapat bersinergi menjadikan Palembang sebagai tuan rumah yang baik.

Demikian diutarakan Pjs Walikota Palembang DR H Akhmad Najib SH MHum, pada Dialog Interaktif ‘Publika’ dengan tema Progress Kesiapan Menyambut Asian Games 2018, Jumat (14/4), di TVRI Sumsel. Dialog dipandu Nurwulan Puspanegara dan menghadirkan Direktur Program dan Berita LPP TVRI Apni Jaya Putra.

Menurut Najib, Palembang harus siap menjadi tuan untuk melaksanakan Asian Games 2018. Sebagai penyelenggara, Palembang sudah berada pada level lima  hospitallity, berkaitan dengan keramah-tamahan serta dukungan masyarakat terhadap even tersebut.

“Masyarakat kita ajak mengedepankan keramah-tamahan serta ikut memberikan jaminan keamanan pelaksanaan Asian Games 2018./Secara bertahap masyarakat mendapat edukasi dan sosialisasi akan pentingnya pelaksanaan even tersebut bagi kemajuan Palembang dan Sumatera Selatan,” ujarnya.

Ditambahkannya, Asian Games memberikan side effect yang besar bagi perekonomian, dunia usaha, serta pariwisata di Palembang. Sebagai Pjs Walikota, dirinya mengajak masyarakat untuk bersama menjadikan Palembang agar memiliki daya tarik agar pengunjung datang kembali ke kota yang dijuluki venezia dari timur ini.

“Kita juga sudah menegur vendor-vendor yang melakukan galian, agar segera merapikan pekerjaan. Akan segera pula dilakukan penataan serta mempercantik taman-taman, khususnya yang berada di sepanjang jalur LRT,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Program dan Berita LPP TVRI Apni Jaya Putra mengatakan, pelaksanaan Asian Games Jakarta-Palembang telah mengukir rekor tersendiri. Menurutnya, baru kali ini Asian Games digelar di dua kota.

“Dan masih banyak lagi rekor-rekor yang diciptakan Palembang selama persiapan Asian Games ini. Termasuk keberadaan LRT yang merupakan pertama di Indonesia,” imbuhnya.

Apni mengaku terpukau atas perjuangan menjadikan Palembang sebagai salah satu tuan rumah Asian Games 2018. Dirinya mengaku, TVRI akan memberikan dukungan penuh untuk menyukseskan even tersebut.

“Kita akan bantu agar masyarakat sadar untuk menjaga keramah-tamahan serta mendukung suksesnya Asian Games ini. Beijing saja cukup lama untuk mempersiapkan keramah-tamahan termasuk larangan meludah sembarangan, sebelum sukses melaksanakan Olimpiade Beijing,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk menyukseskan even Asian Games ini, TVRI juga akan menyiapkan 2 unit mobil siaran terbaru di Jakarta dan Palembang. Mobil siaran tersebut telah dilengkapi kemampuan untuk menayangkan video dengan kualitas HD.