Detak-Palembang.com BANDA ACEH – Kepala Staf Kodam Iskandar Muda, Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, memimpin rapat pendahuluan pengamanan Very Very Important Person (PAM VVIP ) RI 1. Rapat tersebut berlangsung di Ruang Yudha Makodam IM, Rabu (11/04).

Kasdam IM menyampaikan, bahwa kedatangan Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo ke Aceh  dalam rangka panen raya padi di Desa Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara pada 16 sampai dengan 17 April 2018 nanti.

“Untuk itu kita (Kodam IM), melaksanakan rapat pendahuluan dalam rangka Pam VVIP RI-1. Karena , keberadaan RI-1 di wilayah Aceh adalah tanggung jawab Kodam Iskandar Muda, termasuk juga Kepolisian Daerah Aceh,” kata Kasdam IM.

Pantauan lokasi, Asisten Operasi Kasdam IM, Kolonel Inf Bambang Sujarwo memamaparkan Visualisasi kunjungan RI-1, yakni tentang rencana dan mekanisme pelaksanan pengamanan VVIP RI-1, mulai RI 1 transit di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) sampai menuju ke Kabupaten Aceh Utara.

“ Dalam rapat ini, kita juga membahas struktur organisasi, pengamanan rute, tanggung jawab dari masing-masing Dansatgas dan Dansubsatgas,” jelasnya.

Dari hasil paparan itu, Kasdam menekankan beberapa hal untuk mengantisipasi kunjungan RI-1 seperti keramaian di jalan, pengamanan rute, kecepatan rangkaian konvoi kendaraan, penggunaan Radio Komunikasi, sterilisasi tempat yang akan dikunjungi dan kemungkinan-kemungkinan yang harus diantisipasi.

“Oleh karena itu, Satuan Penugasan (Satgas) Pam VVIP selalu siap. Jangan sampai lengah,” tegas Kasdam kepada personel yang terlibat Satgas Pam VVIP.

Rapat tersebut juga diikuti Irdam, Danrem 011, Danrindam, para Pa Ahli, Asisten, Kabalak, Dandim 0101/BS, dan para Dansat jajaran Kodam Iskandar Muda.