Detak-Palembang.com BANYUASIN – Relawan Demokrasi perpanjangan dari KPU Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, Imam Irfa’i,S.Kom.I Basis keagamaan mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih dengan cerdas dan tidak masuk dalam kategori golongan putih (Golput).

Menurut Imam Irfa’i, partisiapasi aktif dari seluruh masyarakat Muba, khususnya dalam mengawal pesta demokrasi  adalah hal yang sangat penting dilakukan masyarakat dalam rangka memastikan berjalanya pesta demokrasi yang aman, lancar dan demokratis.

Ia menilai, sikap apatis oleh calon pemilih akan berdampak pada kualitas demokrasi, sehingga sangat wajib bagi mereka yang telah memenuhi syarat untuk menggunakan hak pilihnya.

“Jangan golput. Karena dari seluruh calon baik DRPD Kabupaten/Kota/provinsi/RI, DPD RI  dan Paslon Capres Cawapres adalah putra terbaik bangsa, mari ajak seluruh keluarga, kerabat dan sahabat untuk datang ke TPS pada 17 April 2019 mendatang, menggunakan hak pilih adalah ciri pemilih cerdas,” kata Imam, Rabu (30/1/2019).

Imam  menjelaskan, untuk menjadi pemilih cerdas, sebelum menentukan pilihan, masyarakat harus memahami betul Trak record atau visi-misi kandidat serta program staregis yang ditawarkan.
“Calon yang berkompetensi biasanya tahu persis permasalahan daerah yang akan dipimpinnya sehingga menawarkan program yang realistis dan tepat sasaran,” jelasnya.

Hal lainnya, lanjut Imam, masyarakat juga harus tahu dan mampu menelisik rekam jejak para kandidat yang berlaga. Termasuk harus rasional dalam memilih berdasarkan penilaian yang objektif dan komprehensif tanpa dipengaruhi tekanan pihak lain.