Detak-Palembang.com PALEMBANG – Ratusan prajurit dan PNS Korem 044/Gapo melaksanakan upacara peringatan ke-73 Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2018 bertempat di lapangan apel Markas Korem 044/Gapo Jln. Jenderal Sudirman KM. 4,5 Palembang, Jumat (17/8/2018).

Dalam upacara peringatan tersebut, Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Iman Budiman, S.E. memimpin langsung dengan bertindak sebagai Inspektur Upacara dan membacakan amanat dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono.

Dalam amanatnya, Kasad menyampaikan, bahwa Proklamasi kemerdekaan Bangsa Indonesia berlangsung di tengah kekacauan akibat adanya kekosongan kekuasaan, dan para pemuda berinisiatif mendesak Soekarno-Hatta untuk mendeklarasikan kemerdekaan RI tanpa menunggu janji dari penjajah. “Bangsa Indonesia sebagai Bangsa pejuang yang memiliki tekad yang kuat untuk memperjuangkan kepentingan Bangsanya dengan kekuatan sendiri,” ungkapnya

Lebih lanjut, Kasad menyampaikan, bahwa kedudukan Indonesia yang dihormati di dunia, turut diperkuat dengan peran penting TNI khususnya TNI AD sebagai kekuatan militer yang disegani baik dengan kontribusinya dalam menangani berbagai gejolak di dalam negeri maupun prestasinya di dunia internasional.

“TNI AD selalu terdepan dalam upaya mitigasi bencana dan bergerak cepat dalam mengatasi konflik, separatisme dan terorisme bersama Polri di berbagai wilayah tanah air, dan turut berperan dalam pengawasan dan membantu pembangunan kawasan perbatasan. Dalam misi pasukan pemelihara perdamaian PBB, prajurit kita menjadi panutan dan selalu dirindukan kehadirannya oleh masyarakat lokal,” terang Jenderal Mulyono.

Kasad juga menyampaikan hal-hal penting yang dihadapi dan menjadi perhatian khusus Bangsa Indonesia saat ini, seperti pesta olahraga negara Asia yaitu Asian Games 2018 dan pelaksanaan Pileg dan Pilpres tahun 2019 mendatang. TNI AD dituntut untuk tetap konsisten menjaga netralitasnya dengan tidak terlibat dalam politik praktis. “Saya perintahkan kepada para Komandan Satuan, agar dapat secara cermat melaksanakan deteksi dini dan cegah dini, terhadap setiap situasi yang dapat berkembang menjadi ancaman dan gangguan yang berpotensi menimbulkan konflik,” tegas Kasad.

Diakhir amanatnya, Kasad berharap dengan peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia yang mengambil tema “Kerja Kita, Prestasi Kita”. Semangat kita untuk bekerja dan tekad kuat untuk terus berprestasi dapat diaplikasikan ke seluruh prajurit dan PNS TNI AD dalam kehidupan sehari-hari melalui peningkatan kinerja dan profesionalisme.