Detak-Palembang.com PALEMBANG – Dalam rangka menyampaikan pertanggungjawaban pengurus dan badan pengawas kepada anggotanya tentang hasil pelaksanaan kerja tahun 2016, Pusat Koperasi (Puskop) Kartika Sriwijaya, Rabu (29/3) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan Tutup Buku Tahun 2016 bertempat di Kantor Puskop Kartika Sriwijaya Jalan. Demang Lebar Daun, Palembang. RAT ini dikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari para Ketua dan pengurus pengurus Primkop Kartika Sejahtera yang berada di satuan jajaran Kodam II/Swj.

Selain itu, RAT juga dihadiri oleh Ketua Umum Induk Koperasi Kartika, Brigjen TNI Felix Hutabarat, S.I.P., M.B.A., M. Si (Han)., Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki mewakili Pangdam II/Swj, Kadiskop dan UKM Provinsi Sumsel Bapak Ahmad Rizali dan Ketua Puskop Kartika Sriwijaya, Kolonel Inf Norman Saito serta Badan Pengawas Puskop Kartika Sriwijaya.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Sudirman, S.H., M.M., M.H., yang diwakili oleh Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki dalam sambutannya mengatakan bahwa, Rapat Anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam Koperasi, karena dalam rapat tersebut diagendakan sejumlah kegiatan penting, diantaranya laporan pertanggungjawaban kinerja pengurus selama  satu tahun berjalan dan evaluasi serta merumuskan dan menetapkan Program Kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2017.

“Selain itu, bagi anggota Primer Koperasi di jajaran Kodam II/Swj, forum RAT ini dapat dijadikan wahana untuk memberikan saran masukan bagi kemajuan dan pengembangan Koperasi Kartika Sriwijaya ke depan”, ujarnya.

Pangdam juga mengingatkan, bahwa tujuan Koperasi bukan hanya mengejar keuntungan semata, yang pertama dan lebih utama adalah meningkatkan kesejahteraan anggota Puskop, yaitu prajurit dan PNS beserta keluarganya.

Hal ini sejalan dengan tema yang diangkat dalam Rapat Anggota Tahunan kali ini, yaitu “Dengan Semangat Kebersamaan Dan Kemandirian Kita Tingkatkan Pengabdian Insan Koperasi Dalam Rangka Mendukung Peningkatan Kesejahteraan Prajurit  dan PNS TNI AD Beserta Keluarganya”. “Makna yang tersirat dari tema tersebut hendaknya dapat dijadikan landasan, spirit dan diaktualisasikan melalui  kegiatan dan usaha nyata, bagi kemajuan Koperasi,” tutunya.

Sementara itu, Kadiskop dan UKM Provinsi Sumsel Bapak Ahmad Rizali  dalam sambutannya juga mengatakan bahwa penyelenggaraan RAT sangat baik untuk mengevaluasi hasil kerja TA. 2016 dan menyusun rencana kerja TA. 2017. “ Penilaian untuk Puskop Kartika Sriwijaya katagori sehat, tidak ada permasalahan”, ujarnya.

Selain itu, Bpk. Ahmad Rizali menghimbau agar Puskop Kartika Sriwijaya meningkatkan kinerjanya dan terus melakukan kerjasama antara koperasi-koperasi yang ada di provinsi maupun di daerah.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Umum Induk Koperasi Kartika, Brigjen TNI Felix Hutabarat, S.I.P., M.B.A., M. Si (Han) bahwa, penyelenggaraan RAT sangat baik untuk mengevaluasi hasil kerja TA. 2016 dan menyusun rencana kerja TA. 2017. Pelaksanaan RAT dan tutup buku dinyatakan berhasil karena bisa melaksanakan RAT tersebut.

“Selain meningkatkan kerjasama dengan koperasi daerah, Ketua Primkop satuan harus bekerja di lapangan untuk meningkatkan hasil koperasi  dengan bekerjasama dengan pihak luar,” ujarnya.

Dalam RAT tersebut, juga dilaksanakan pemilihan Ketua dan anggota Badan Pengawas (BP) Puskop Kartika Sriwijaya periode TA. 2017. Sebagai Ketua Bidang Pengawas Lettu Cpm (K) Yanti dari Pomdam II/Swj, Wakil Ketua Bidang Pengawas Kapten Czi Abdul Rohman dari Zidam II/Swj dan Kapten Cba Budi dari satuan Bekangdam II/Swj sebagai anggota pengawas.