Detak-Palembang.com MUARADUA -Pusat Kesehatan Masyarakat (Psuskesmas) Muaradua, Rabu (01/11) mendapatkan kunjungan Tim Pra Survey Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan untuk melihat kesiapannya dalam menghadapi akreditasi.

Dimana tim akreditasi nantinya adalah dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Tim pra survey beranggotakan 3 orang yang dipimpin oleh Fauzudin, memberikan pengarahan tentang komponen-komponen apa yang harus disiapkan dalam menghadapi akreditasi.

Yang mana aspek akreditasi tersebut meliputi Administrasi, Upaya Kesehatan Masyarakat, Fasilitas dan ketenagaan dalam memberikan pelayanan kesehatan di Puskesmas Muaradua.

Kepala Dinas Kesehatan OKU Selatan, Herman Azedi mengungkapkan, ada 3 Puskesmas Rawat Inap yang akan diakreditasi tahun ini, yaitu Puskesmas Muaradua, Puskesmas Simpang, dan Puskesmas Muaradua Kisam.

Sedangkan Puskesmas Rawat Jalan yang akan diakreditasi meliputi Puskesmas Kisam Tinggi, Buay Sandang Aji, Tiga Dihaji dan Buay Rawan. Sedangkan sisanya akan diakreditasi pada tahun 2018 mendatang.

Herman Azedi sebagai kepala dinas, secara langsung akan mengawasi proses pra survey akreditasi ini.

“Apabila perlu, kita hari ini lembur sampai malam, agar semua administrasi kita lengkap dan sempurna” ujar Herman penuh semangat.

Karena menurutnya, dari segi sarana dan prasarana Puskesmas Muaradua sudah lengkap, ditunjang oleh tenaga medis yang sudah cukup dan sesuai standar.

Sementara itu Kepala Puskesmas Muaradua, H. Sudibyo yakin, puskesmas yang dipimpinnya akan mendapatkan nilai akreditasi yang paripurna.

“Dari segi sumber daya manusia dan fasilitas, Puskesmas Muaradua sudah memenuhi persyaratan” tukasnya mantap.