Detak-Palembang.com OKU – Gubernur Sumsel Alex Noerdin melaksanakan buka puasa bersama Direksi dan Karyawan PT. Semen Baturaja dan Tokoh Masyarakat sekitar lokasi di Aula PT. Semen Baturaja Kabupaten OKU, Kamis (24/5). Sebelum berbuka puasa, Gubernur Alex Noerdin mensosialisasikan Asian Games kepada ribuan masyarakat yang hadir.

Menurutnya, Asian Games itu bukan tujuan, akan tetapi Asian Games itu sebagai alat mencapai tujuan pembangunan infrastruktur yang bermuara untuk kesejahteraan rakyat.

“Dengan adanya Asian Games 2018 kita mendapat empat ruas jalan tol, Musi IV dan Musi VI, underpas/flyover, rumah sakit, perluasan bandar udara, rumah sakit, fasilitas air bersih dan Light Rail Transit (LRT).”lanjutnya.

Bagaimana bisa Palembang dipilih menjadi tuan rumah Asian Games? Dijelaskannya ada satu hal yang menjadi dasar utama, dan alasan utama Sumsel terpilih sebagai tuan rumah Asian Games, karena Sumsel merupakan daerah Zero Konflik. “Alhamdulilah tidak pernah terjadi kerusuhan antar etnis dan umat beragama di Sumsel,”ucapnya.

Selain kondusifitas daerah, Provinsi Sumsel juga mempunyai modal lainnya yaitu Jakabaring Sport City (JSC) serta berpengalaman dalam menggelar baik event-event Nasional bahkan Internasional. Sejak 2011 tak kurang sudah 42 event olahraga internasional digelar di Palembang. Mulai dari Pekan Olahraga Nasional (PON) 2004, Sea Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013 dan Asean University Games 2014.

Di sela-sela sambutanya, Gubernur Alex Noerdin menampilkan sejumlah video tetang pembangunan Sumsel diantaranya video tentang sejarah Provinsi Sumsel merebut tuan rumah Asian Games XVIII, kemudian video persiapan Asian Games Palembang dan video sejarah perjuangan membangun komplek olahraga Jakabaring Sport City Palembang.

Sebelum dimulai sosialisasi Asian Games 2018 oleh pelopor sekolah gratis dan berobat gratis, PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk memberikan bantuan paket sembako sebanyak 24,000 paket kepada warga dan santunan untuk anak yatim piatu di tiga wilayah Semen Baturaja, yaitu Palembang, Baturaja, dan Lampung.

Pada kesempatan ini, Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin didampingi Bupati OKU Kuryana Aziz, dan Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, Rahmad Pribadi menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis. Paket sembako dan santunan anak yatim piatu yang dibagikan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat.

Sementara itu Dirut PT. Semen Baturaja Rahmad Pribadi mengatakan Provinsi yang begitu maju ini dikarenakan berkat kepemimpinan Gubernur Alex Noerdin.

“Setelah era Reformasi kalau ada orang yang bisa mendapat gelar Bapak Pembangunan di Republik Indonesia ini ada dua orang, Pertama Presiden RI Joko Widodo Karena dia telah membangun infrastruktur Jalan Trans Sumatera, Jawa, Papua dan lain sebagainya, kedua Gubernur Sumsel Alex Noerdin tentunya Asian Games 2018 bersama Jakabaring Sport City beserta seluruh fasilitasnya, karena Asian Games bisa mengangkat nama Palembang ke Kancah Internasional”,ujar Rahmad.

Dalam kesempatan itu menegaskan dia juga memastikan PT Semen Baturaja sebagai salah satu perusahaan milik Negara yang basis operasinya di Provinsi Sumsel berkomitmen penuh mendukung gelaran Asian Games 2018.

Sebelumnya, setelah tiba di Semen Baturaja, Gubernur Alex Noerdin melakukan penanaman pohon Durian Musangking.