Detak-Palembang.com PALEMBANG – Memasak nasi goreng menggunakan kompor listrik atau kompor induksi, PT PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan (KIT SBS) akan membuat rekor MURI (Musium Rekor Dunia Indonesia).

Kegiatan memasak nasi goreng diselenggarakan secara serentak di 11 Unit Sektor Usaha PLN di lima Provinsi, yakni Sumsel, Sumbar, Bengkulu, Jambi, dan Lampung dengan peserta 1.479 orang.

General Manager PT PLN KIT SBS, Bambang Anggono mengatakan, kegiatan pemecahan rekor MURI untuk pertama kali diadakan, di lima provinsi secara serentak.

“Kita berhasil memecahkan rekor dan berhasil masuk MURI,” ungkapnya di Kantor PT PLN KIT SBS, Jumat (09/02).

Dalam pemecahan rekor memasak kali ini, Bambang menjelaskan pihaknya sengaja memakai kompor Induksi karena merupakan tehnologi baru dan aman untuk di gunakan.

“Kompor Induksi ini aman untuk di gunakan tidak akan meledak, tidak ada sisa pembakaran, dan tidak ada kotoran di wajan, serta lebih hemat”, ujarnya.

Ia menyampaikan di Sumsel pemakaian kompor induksi masih minim. Ia menjadikan kegiatan ini sebagai ajang promosi dan edukasi ke0ada masyarakat.

“Kompor induksi ini lebih hemat energi dibanding gas elpiji, jadi mengurangi pengeluaran di rumah tangga,” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan dari MURI, Awan Rahargo selaku Senior Manager MURI. menuturkan jika pemecahan rekor MURI yang di lakukan oleh PT. PLN KIT SBS merupakan rekor dengan tipe Superlativ atau tipe rekor yang melibatkan peserta terbanyak.

“Sebelumnya, rekor ini pernah di ciptakan oleh PT. PLN Bangka Belitung dengan tipe rekor yang sama dan peserta sebanyak 135 orang di bulan November 2017 lalu, terus di pecahkan lagi di bulan Desember oleh PT PLN Sumatera Utara dengam tipe rekor yang sama dan peserta sebanyak 175 orang. Hari ini di pecahkan lagi oleh PT PLN KIT Sumbagsel secara serentak di 5 Provinsi dengan peserta terbanyak 1.479 orang”, tutupnya.