Detak-Palembang.com SEKAYU – Pada tahun 2017 ini Kabupaten Musi Banyuasin mendapat program dari Kamenterian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia yakni pembangunan Kantor Pengelolaan Stok Ikan Sungai (PSIS), dermaga pendaratan ikan, wisata kuliner, dan pengelolaan stok ikan.

Demikian diutarakan Asisten II Setda Muba Ir H Sulaiman Zakaria MT saat memimpin rapat yang dihadiri Kepala Dinas Perikanan Muba H Abdul Mukhohir APi MSi, dari Direktorat Pengelolaan Sumber Daya Ikan, Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Organisasi Perangkat Daerah terkait serta para Camat, di Ruang Rapat randik Pemkab Muba, Jumat (24/3).

Asisten II Setda Muba juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Muba mengapresiasi dan mendukung program dari KKP RI, oleh karena itu beliau juga menghimbau kepada OPD terkait untuk berkoordinasi dengan tim dari Direktorat Pengelolaan Sumber Daya Ikan, KKP RI untuk menentukan lokasi strategis dalam upaya realisasi program PSIS.

“Seluruh aspek kita tinjau, supaya kalau ini sudah terlaksana dapat memberikan manfaat yang positif terutama dalam kesejahteraan masyarakat Muba, intinya jangan sampai program ini tidak berhasil,” ujarnya.

Kepala Dinas Perikanan Muba H Abdul Mukhohir APi MSi, pada kesempatan yang sama mengungkapkan, pembangunan Kantor Pengelolaan Stok Ikan Sungai (PSIS), dermaga pendaratan ikan, wisata kuliner, dan pengelolaan stok ikan akan dibangun di dua Kecamatan yakni di Kecamatan Sekayu dan Kecamatan Sungai Lilin.

“Yang paling penting kita siapkan dulu lahannya baik di Kecamatan Sekayu ataupun di Sungai Lilin,” tuturnya.

Sementara itu Doni Armanto dari Direktorat Pengelolaan Sumber Daya Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam paparannya mengatakan, program tersebut bertujuan untuk meningkatkan produksi perikanan tangkap darat khususnya ikan asli. Untuk pembangunan Kantor PSIS, dermaga pendaratan ikan, wisata kuliner dan pengelolaan stok ikan, ditergetkan bulan agusutus pembangunan fisik sudah selesai dan bulan september 2017 sudah beroperasi.