Detak-Palembang.com PALEMBANG -Pembangunan jembatan Musi VI yang menghubungkan Seberang Ulu I dan Seberang Ilir di kawasan Tangga Buntung sudah memasuki tahapan pengangkatan (Lifting) rangka jembatan pada pier 8 dan pier 9 (P8-09) pada sisi seberang ulu.

Dikatakan Joko Saputro, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) proyek Jembatan Musi VI pihaknya sedang memeriksa kesiapan untuk pelaksanaan lifting. Kesiapan itu meliputi keamanan dari perangkat yang akan diangkat sudah ssesuai standar atau belum.

“Jika tidak ada kendala, kita lifting jembatan Musi VI diwilayah seberang ulu akan dilakukan besok, Rabu 6 September 2017,” terangnya saat diwawancara di lokasi pembangunan Selasa (05/09).

Lanjutnya, untuk pengangkatan memerlukan waktu yang lama karena banyak yang akan dipemeriksa. Untuk persiapan tower lifting pihaknya paling tidak memerlukan waktu satu minggu.

“Kalau untuk pengangkatannya hanya sebentar, sehari bisa. Rangka baja jembatan yang akan kita angkat beratnya 350 ton, dengan bentang panjang 75 meter,” jelasnya.

Joko menguraikan sampai saat ini progres fisik proyek jembatan Musi VI telah mencapai 87,66 persen dan realisasinya 87,96 persen.