Detak-Palembang.Com PALEMBANG – 50 hari menjelang Asian Games ke 18 tahun 2018, progres pengerjaan venue dan kawasan Jakabaring sudah mencapai 95 persen. Tiga venue yang finishing adalah venue Bowling, Venue Dayung dan Venue Panjat Tebing.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin mengatakan pelaksanaan Fun Run yang merupakan bentuk sosialisasi Asian Games menjelang 50 hari lagi pembukaan Asian Games ke 18 tahun 2018. Fun Run dilaksanakan agar masyarakat lebih mengetahui, lebih menyemarakkan Asian Games.

“Akan ada Lomba Dayung yang diikuti 34 Provinsi ditambah TNI dan Polri memperebutkan Piala Presiden. Nanti juga Presiden akan meresmikan Venue Dayung yang merupakan venue terbaik di dunia,” ungkapnya usai mengikuti fun run di Jakabaring Minggu (01/07).

Lanjutnya, akan diresmikan juga venue Bowling dan Venue Menembak yang merupakan venue terbaik di Asia, juga peresmian Light Rail Transit (LRT) oleh Presiden Joko Widodo.

“LRT akan resmi beroperasional tanggal 15 Juli 2018 dan akan diumumkan tarifnya. Semalam sudah diuji coba dengan kecepatan 90 Kilometer per-jam,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Muddai Madang, Wakil Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mengungkapkan, venue yang ada di Palembang besok tanggal 02 Juli 2018 merupakan hari terakhir finishing. Terakhir venue Panjat Tebing, mulai minggu depan semua venue siap melaksanakan pertandingan Asian Games.

“Tinggal kawasannya yang harus dibenahi seperti taman dan jalan. Memang membenahi kawasan setelah venue selesai semua, karena mobil untuk membangun akan keluar masuk jadi kalau jalannya diperbaiki  akan rusak lagi,” ujarnya.

Ia menyampaikan, untuk kepanitiaan sudah siap semua. Siang nanti akan ada meeting untuk mengecek semua kondisi yang ada, apakah sudah benar-benar siap running melaksanakan Asian Games.

“Untuk uji coba maka ada dua cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan yakni cabor Dayung dan Panjat Tebing. Cabor Dayung memperebutkan Piala Presiden  akan dilaksanakan pertandingan pada tanggal 14-16 Juli 2018,” tutupnya.