presiden

Detak-Palembang.com JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali meminta para menteri terkait untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok dengan menjaga ketersediaan komoditas tersebut.

“Bapak Presiden minta kita bersama-sama menjaga sesuai tugas masing-masing kementerian,” kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (8/6) seperti diberitakan antaranews.com.

Selain Amran, Presiden Jokowi memanggil sejumlah menteri lainnya yaitu Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Mendag Thomas Lembong.

Ia menyebutkan Presiden meminta agar dijaga ketersediaan beras, daging, cabai, bawang dan minyak goreng.

“Stok minyak goreng 1,8 juta ton, kebutuhan kita 400.000 ton, artinya stok empat kali lipat, ayam dua kali lipat, beras juga dua kali lipat, jadi stok kita aman,” kata Menteri Amran.

Ia menyebutkan selain stok, Presiden juga meminta agar harga tetap terjangkau

“Harga beras sudah turun 3 persen di grosir, harga ayam juga turun bahkan Asosiasi Peternak Ayam menyampaikan agar tidak turun lagi karena harga di tingkat peternak Rp16.000-Rp18.000 mereka minta operasi pasar dikurangi,” katanya.

Pertemuan Presiden Jokowi dengan sejumlah menteri itu berlangsung setelah Presiden bertemu dengan pengurus Komisi Nasional Antikekerasan Terhadap Perempuan.

Selain dua pertemuan itu, dijadwalkan Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas membahas tentang transportasi di wilayah Jabodetabek.