Detak-Palembang.com PALEMBANG – Walaupun guyuran hujan deras sampai pagi hari tadi, tidak menyurutkan niat para Prajurit dan keluarga besar Kodam II/Swj serta warga masyarakat Palembang disekitar Markas Kodam II/Swj untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1439 H, Jum’at (15/6/2018) di Lapangan Makodam II/Swj Jalan. Jend. Sudirman Km. 2,5 Palembang.

Tidak terkecuali, Shalat Idul yang berlangsung dengan khusu’, tertib dan khidmad juga diikuti oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., dan Ny. Annies Putranto, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han) beserta istri, beserta sejumlah pejabat dan perwira jajaran Kodam II/Swj.

Bertindak sebagai Imam sekaligus Khotib adalah Ustadz Dr. Fajri Ismail M. Pd.I.

Dalam khutbahnya Ustadz Fajri Ismail mengajak kepada umat Islam untuk mengambil hikmah dan makna dari peringatan Hari Raya Idul Fitri setelah satu bulan melaksanakan puasa untuk selalu bersilaturahmi dan saling memaafkan dengan sesama terutama silaturahmi kepada kedua Orang Tua, sanak saudara dan tetangga.

Selain itu, setiap muslim hendaknya senantiasa tulus dan ikhlas serta menjadikan perayaan Idul Fitri yang merupakan hari kemenangan bagi umat islam sebagai momentum untuk melakukan evaluasi, instrospeksi dan mawas diri terhadap semua yang telah dilakukan selama ini.

Usai melaksanakan Sholat Idul Fitri dilanjutkan dengan bersalam-salaman dan bermaaf-maafan untuk menjalin silahturahmi antar sesama prajurit dan PNS TNI serta warga masyarakat khususnya di lingkungan Makodam II/Swj.

Adapun Tema yang diangkat dalam Perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1439 H kali ini adalah “DENGAN HIKMAH IDUL FITRI TAHUN 1439 H/2018 M KITA TINGKATKAN KEIMANAN DAN KETAQWAAN KEPADA ALLAH SWT SEBAGAI LANDASAN MORAL DALAM MELAKSANAKN TUGAS POKOK TNI”.