Detak-Palembang.com PALEMBANG – Sirine meraung-raung di Kawasan Wisata Olahraga Jakabaring Sport City (JSC) ), Sabtu (18/11). Tempat dimana dipusatkan pembukaan ajang untuk mengukur pembinaan prestasi bagi atlet usia dini dari 17 kabupaten/kota se-Provinsi Sumsel. Perhelatan Pekan Olaraga Provinsi (Porprov) itu telah resmi dibuka dengan ditandai penekanan tombol sirine oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Alex Noerdin. 

Warna-warni baju kontingen dari 17 kabupaten/kota, ditambah dengan pertunjukan dari marching band, parade, dan kehadiran Artis Ibu Kota mengkhiasi halaman Stadion Atletic Jakabaring sore itu.

Dalam kata sambutannya Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin mengatakan, Kejuaraan ini sebagai ajang adu prestasi serta memacu peningkatan prestasi atlet Sumsel khususnya di Kabupaten/Kota.  Serta ia turut mengaharapkan kejuaraan ini dapat menghasilkan atlet-atlet terbaik menuju PON 2020 Papua dan kejuaraan lainnya.

“Lihat disekeliling kita, disebelah ada aquatic terbaik di dunia, lintasan dayung terbaik dan tercantik di dunia, dan yang tak kalah membanggakan Convention Hall terbaik di dunia, Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Sumsel menyambut baik penyelenggaraan kejuaraan ini,” ungkapnya.

Menurutnya, Porprov XI tahun 2017 ini dapat dijadikan sarana persiapan Sumsel  menuju pelaksanaan Asian Games XVIII tahun 2018 yang akan datang.

“Untuk itu saya harapkan kepada seluruh atlet, pelatih dan wasit agar melaksanakan porprov ini menjunjung tinggi sportivitas, kita tunjukkan kepada masyarakat bahwa level Sumsel di bidang olahraga sejajar dengan dunia Internasional,” tuturnya

Apalagi, lanjut Alex, JSC sudah memiliki venue terintegrasi dan memenuhi standar untuk kegiatan kegiatan olahraga dunia.

“Persiapan kita Insha Allah selesai tepat waktu.  dan nanti akhirnya tahun ini venue siap untuk digunakan di Asian Games 2018. Tidak mudah menjadi tuan rumah Asian Games. Oleh karena itu kita hormati dengan mengikuti pekan olahraga ini dengan baik.  Bertandinglah dengan jujur biarkanlah yang terbaik yang menang,” tambahnya.

Diakhir kata sambutannya ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam suksesnya Porprov 2017.

“Kepada seluruh panitia dan pihak – pihak yang telah membantu terselenggaranya pekan olahraga ini saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, porprov ini sendiri dilaksanakan dari tanggal 18 – 26 November, yang diikuti oleh ribuan peserta sudah termasuk atlet, official, pelatih. Yang mempertandingkan sebanyak 27 cabang olahraga.