Detak-Palembang,com SEKAYU – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Muba Tahun 2018, di Auditorium Pemkab Muba, Rabu (15/3).

Pj Bupati Muba H Yusnin yang membuka secara langsung acara tersebut dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang RKPD Tahun 2018 sangat penting untuk menentukan langkah, menyusun program atau kegiatan prioritas dan pagu indikatif untuk APBD Tahun 2018. Beliau berharap agara seluruh pihak terkait dapat lebih inovatif untuk menyusun program atau kegiatan dan memastikan bahwa dengan program atau kegaitan tersebut taraf hidup masayrakat Muba kedepan semakin baik.

“Artinya setiap aktifitas yang kita rancang dapat memberikan konstribusi maksimal terhadap percepatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat di Musi Banyuasin,” harap Yusnin.

Lebih lanjut Pj Bupati mengatakan, tidak semua dapat dibiayai dari APBD Muba. Peran serta masyarakat dalam pembangunan daerah harus ditingkatkan, sinergi dan koordinasi secara intensif dengan pemerintah propinsi dan pusat sehingga mendapatkan dukungan APBN dan APBD Propinsi Sumatera Selatan, sinergi dengan stakeholder untuk menggerakkan corporate social responsibility (CSR) dan kerjasama pemerintah-swasta dalam dalam konsep public private partnership perlu ditingkatkan.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muba Drs H M Yusuf Amilin MM, mengungkapkan Musrenbang RKPD Kabupaten Muba Tahun 2018 yang mengangkat tema “Kita tingkatkan infrastruktur dan konektivitas antar wilayah untuk kesejahteraan masyarakat menuju Muba berjaya” itu dihadiri oleh  Plt Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi, Staf Ahli, Para Assisten Sekretariat Kab.Muba, Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Bappeda Propinsi Sumatera Selatan Ir Hendrian MT, dan diikuti oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan, unsur perguruan tinggi, perbankan, BUMD, serta tokoh masyarakat.

“Tujuan dari penyelenggaraan Musrenbang RKPD Kabupaten Muba Tahun 2018 ini adalah, mendapatkan masukan untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD yang memuat prioritas, sasaran, program dan kegiatan pembangunan daerah, pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi perangkat daerah, dan menyelaraskan RKPD kabupaten terhadap rancangan awal RKPD Propinsi,” ujarnya.

Kepala Bappeda Muba menambahkan, sebelumnya telah dilaksanakan Musrenbang Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan (Musrenbangcam) pada tanggal 20-24 Februari 2017, dan Forum Perangkat Daerah (Forum-PD) dalam menetapkan prioritas usulan program/kegiatan dalam sinkronisasi Ranja PD, Musrenbangcam dan reses DPRD pada tanggal 8-10 Maret 2017 di Kantor Bappeda Muba.

Kemudian setelah melaksanakan Musrenbang RKPD Kabupaten Muba tahun 2018, akan dilaksanakan sinkronisasi program/kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 20-24 Maret 2017 guna penajaman program prioritas dengan arah kebijakan oleh TAPD bertempat di Kantor Bappeda Muba. Selanjutnya akan dilaksanakan rapat teknis Musrenbang RKPD pada tanggal 27-31 Maret 2017 sebagai verifikasi Renja Perangkat Daerah guna menghasilkan draf renja masukan untuk mendokumen RKPD Tahun 2018 yang juga akan digelar di tempat yang sama.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian paparan dari seluruh OPD Muba, dan Kecamatan terkait rencana program/kegiatan tahun 2018.