Detak-Palembang.com PALEMBANG – Rombongan peserta benchmarking Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kepemimpinan (Pim) IV angkatan XXXV Provinsi Bali berkunjung ke Pemerintah Kota Palembang. Kehadiran rombongan ini untuk mencari sesuatu yang baik untuk diadaptasi di Provinsi Bali.

Demikian diutarakan Koordinator Widyaiswara Provinsi Bali DR Ir Nyoman Sukamara, Rabu (11/4), di ruang Parameswara Setda Kota Palembang. “Tujuan kedatangan ini adalah untuk mencari hal-hal terbaik di lokus (Palembang-red). Bagaimana pola pengembangan leadership yang dapat mempengaruhi dalam pembuatan program terbaik,” ujarnya.

Dirinya mempersilahkan seluruh peserta Diklat Pim untuk mengeksplorasi Palembang, untuk mempelajari kiat-kiat pemerintahan kota yang terkenal dengan Sungai Musi-nya ini. Menurutnya, Palembang merupakan kota yang luar biasa karena mampu menjadi kota pelaksana Asian Games. Dalam penilaiannya, even olahraga akbar Asia itu akan memberikan dampak besar bagi perekonomian dan pariwisata.

“Bila menemukan hal-hal teknis pada kegiatan ini, silahkan dibawa sebagai bonus kunjungan ini. Banyak hal-hal baik yang dapat kita temukan di luar untuk dijadikan pembelajaran,” ujarnya.

Sementara itu Asisten III Ir Agus Kelana MT, menyambut baik kehadiran rombongan Diklat Pim IV Provinsi Bali yang telah menjadikan Palembang sebagai lokasi benchmarking. Menurutnya, Pemerintah Palembang terus berupaya meningkatkan serta mengembangkan kompetenai ASN dalam melaksanakan program pembangunan.

“Kehadiran Diklat Pim ini semoga menjadi media sharing bagi kedua daerah untuk meningkatkan kompetensi serta partisipasi dalam melaksanakan program pembangunan. Dengan benchmarking ini semoga muncul ide-ide baru dalam pengembangan program kegiatan pemerintahan,” ujarnya.

Dirinya berpesan kepada peserta diklat untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.  Penguasaan teknologi informasi yang baik akan semakin mempermudah pelaksanaan tugas dan tanggungjawab, serta semkain memperkaya wawasan dan kompetensi ASN.