Detak-Palembang.com PALEMBANG – Sebagai penghargaan kepada Veteran Perjuangan Republik Indonesia, Pangdam II/Sriwijaya, Mayor Jenderal AM Putranto mengadakan nonton bareng bersama mantan pejuang Veteran RI di PS Mall, Jumat (10/11).

Dikatakan Pangdam II/Sriwijaya, di hari pahlawan mengadakan nonton bareng dengan tujuan memberikan semangat kepada mereka sebagai yunior.

“Hari ini hari Pahlawan, nonton bareng veteran untuk menyemangati kami yang yunior, bagi mereka sebagai memori karena bagian dari memerdekaan Indonesia,” ungkap AM Putranto.

Lanjut AM Putranto, situasi sekarang berbeda dengan zaman veteran yang serba kekurangan. Susah menjadi kewajibannya untuk mengisi kemerdekaan yang diperjuangkan veteran agar menjadi lebih baik kedepannya.

“Mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif sesuai dengan profesi masing masing. Kami menghormati veteran apapun juga, jangan melupakan sejarah yang mereka lakukan dimasanya,” katanya.

AM Putranto menegaskan kembali bahwa TNI berasal dari rakyat, bersama rakyat TNI kuat. Tanpa pejuang veteran TNI tidak ada apa-apanya. Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan harga mati.

Salah seorang veteran Perjuangan 45, Abdul Wahab menceritakan bagaimana mereka berjuang untuk kemerdekaan  dalam keadaan kekurangan.

“Dahulu maka pun susah apapun dimakan ketemu pisang ya makan pisang, tidak seperti saat ini. Transportasi susah, berjuang berjalan kaki selama 14 hari dari Tanjung Karang Lampung sampai ke Lubuk Linggau,” ceritanya.

Zaman perang, senjata untuk berperang mencari sendiri dengan merebut dari musuh juga pelurunya. Makanan diberikan oleh masyarakat ditempat yang dilalui selama perang.

“Harapan kami veteran, pemerintah memberikan kesejahteraan pada veteran,” harapnya.

Ia berpesan kepada generasi penerus untuk memperbaiki akhlak, karena sekarang fasilitas lengkap tetapi akhlak yang sudah rusak.