Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan sejak Kamis (2/8/208) siang hingga sore hari tadi.

Sebanyak 10 personel dari TNI bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) dikerahkan untuk mencegah api yang membakar lahan seluas  kurang lebih 0,5 ha di Desa Simpang Pelabuhan Dalam, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Upayapun dilakukan, dengan menggunakan peralatan Mesin Pompa air dan sumber air dari kanal yang tersedia, akhirnya api yang membakar lahan tersebut dapat dicegah merambat ke lahan yang lain.

Pada bagian lain, sekitar pukul 14.30 WIB muncul titik api baru, yakni di lahan kebun tebu PTPN 7 Cinta Manis, Rayon 3 petak 101 Abdeling 6 di Desa Sri Bandung, Kec. Tangga Batu, Kab. Ogan Ilir.

“Atas kejadian ini, diperkirakan kurang lebih 5 Ha lahan tebu tersebut terbakar”, kata Dandim 0402/OKI Letkol Inf Septiyanizar, Kamis (2/8/2018).

“Berkat kesigapan petugas TNI, Polri dan RPK PTPN 7, api yang membakar lahan tebu dapat dipadamkan”, ujarnya.

Letkol Inf Septiyanizar menjelaskan, dalam  beberapa hari terakhir, diakuinya cuaca di Kabupaten OKI dan OI memang cukup panas yang dapat mengakibatkan kekeringan di lahan, dan membuat lahan tersebut mudah sekali terbakar.

“Untuk mengantisipasi hal itu, Satgas Karhutbunla di wilayah Kodim 0402/OKI, terus melakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi karhutbunla di wilayah OKI dan OI, dengan terus melakukan patroli dan himbauan agar tidak membakar lahan”, tuturnya.