Detak-Palembang.com JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo turut hadir dalam acara Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW 1439 H yang digelar di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Jumat (1/11).

“Saya di sini kalau liat begini pinggang saya gemeteran, saya berdiri, di belakang saya para guru dan ulama habaib, saya bukan ustad bukan ulama tapi bicara di depan ulama,” ujar Gatot dalam kata sambutannya, Jumat.

Gatot mengatakan, kedatangannya dalam acara tersebut merupakan wujud kecintaannya kepada Rasul dan warga Jakarta.

“Mengapa demikian? Karena rasul selalu memberikan contoh tauladan kepada semua umatnya. Apa yang beliau lakukan apapun juga hanya 2, kasih dan sayang,” sebut Gatot.

Tak hanya Gatot, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun hadir dalam acara yang digelar Majelis Rasulullah SAW ini.

Anies mengapresiasi panitia Maulid yang telah menciptakan situasi yang kondusif dalam acara ini.

“Hadir di acara ini kita akan merasakan bahwa jamaah yang hadir dengan tenang dan semuanya hadir untuk dzikir dan insyaallah itu akan membuat suasana kota kita jadi lebih baik,” ujar Anies, Jumat.

Anies berharap, dengan diadakannya acara-acara semacam ini, akan tercipta kedamaian, ketenangan dan kenyamanan di kota Jakarta.

Jokowi Bagi-Bagi Bingkisan

Pada acara terpisah, Presiden Joko Widodo memperingati  Maulid Nabi Muhammad SAW 1429 Hijriah di Istana Bogor, Kamis (30/11) malam. Presiden membagi-bagikan duku dan amplop kepada anak-anak dari pondok pesantren Al-Misbah, Kebon Manggis.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Qoriah terbaik Golongan Dewasa Putri pada STQ Nasional ke-24 Kamisaatuddhuha. Acara kemudian dilanjutkan dengan Saritilawah oleh Fauzan Pamungkas dari Radio Republik Indonesia (RRI).

Selanjutnya, acara diisi dengan tausiah mengenai hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW oleh Habib Djindan Bin Novel Bin Salim, pimpinan Yayasan Al Fachriyah, Tangerang, Banten.

Setelah itu, baru lah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Presiden Joko Widodo bicara di atas panggung.

Usai acara, anak-anak tersebut diminta berbaris di pintu keluar. Sembari ke luar ruangan, Jokowi pun menyalami satu per satu anak-anak yang semuanya kompak mengenakan baju muslim tersebut.

Jokowi juga memberikan mereka bingkisan. Bingkisan itu berisi buku tulis, buku dongeng, dan amplop.

Dalam peringatan  maulid nabi ini, turut hadir Menko Polhukam Wiranto, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, para pimpinan lembaga negara,  perwakilan negara-negara sahabat.