Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pangdam II/Swj Mayjen TNI A M. Putranto, S. Sos., yang diwakili oleh Irdam II/Swj Kolonel Czi Rido Hermawan, M.Sc., Senin (15/1/2018), membuka secara resmi kegiatan Lomba Olahraga Militer (Oramil) antar Satuan baik Satuan Tempur (Satpur) dan Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) jajaran Kodam II/Swj bertempat di Lapangan Markas Komando Yonif Raider 200/Bakti Negara, Gandus Palembang. 

Adapun satuan-satuan yang mengikuti lomba Oramil ini adalah Yonif Raider 200/BN, Yonif Raider 142, Yonif 143, Yonif 144, Yonkav 5/DPC, Yonarmed 15/105 Tarik, Yonarhanud 12/SBP dan Yonzipur 2/SG. Sedangkan materi Oramil yang dilombakan antara lain ; Renang Militer (Renmil), Menembak Senapan dan Pistol, Teori dan Praktek Ilmu Medan atau Navigasi Darat (Navrat), Kesegaran Jasmani ‘A dan Lintas Medan atau Cross Country (CC).

Pada hari pertama lomba, terlihat 8 (delapan) tim renang yang mewakili berbagai satuan di jajaran Kodam II/Swj, baik Satuan Tempur (Satpur) maupun Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) bertarung untuk menuju garis finish di Kolam Renang Bala Putra Dewa Markas Yonif Raider 200/BN pada lomba Olahraga Militer antar satuan Kodam II/Swj, dalam rangka menyambut HUT Ke-72 Kodam II/Swj.

Dalam lomba Oramil tersebut, materi yang dipertandingkan adalah Renang Militer (Renmil) yang dilaksanakan Prajurit berenang dengan menggunakan seragam PDL dilengkapi dengan senjata laras panjang yang tersandang ditubuhnya dan helm tempur untuk menempuh jarak 50 meter.

Jumlah peserta dalam I Tim terdiri dari 23 orang yang dipimpin langsung oleh Komandan Satuan (Danyon), diikuti 3 Perwira (Danki, Perwira Staf dan Danton), 4 Bintara dan 15 Tamtama dan 3 orang cadangan terdiri dari 1 Bintara dan 2 Tamtama (Danru, Wadanru dan Anggota).

Walaupun masih dalam dibawah jajaran Kodam II/Swj, perlombaan kali ini merupakan iven yang cukup bergengsi, karena kegiatan ini bertujuan selain dalam rangka menghadapi Lomba Ton Tangkas TNI AD Semester – I TA. 2018, juga dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit Kodam II/Swj di bidang olah keprajuritan, sehingga lahir prajurit yang mahir di bidang kemampuan kemiliteran, memiliki kesegaran dan ketangkasan jasmani yang prima, berprestasi dan profesional di bidang tugasnya.

Terlihat beberapa pejabat Kodam II/Swj menyaksikan perlombaan Renang Militer, diantaranya Irdam II/Swj Kolonel Czi Rido Hermawan, M.Sc, para Asisten Kodam II/Swj, Perwira Lo TNI AL dan TNI AU Kodam II/Swj, para Kabalakdam II/Swj, Dandenmadam II/Swj Letnan Kolonel Inf Hendhi yustian Danang Sut, S.I.P., dan Dandeninteldam II/Swj Letnan Kolonel Arh Alfian S.T., M.M.

Mereka turut memberikan motivasi agar segenap Prajurit yang berlomba dapat memberikan yang terbaik walau kegiatan ini menguras kekuatan fisik dan mental.

Dalam Lomba Renmil kali ini keluar sebagai Juara I dari Tim  Renmil Yonif Raider 200/BN dengan raihan nilai 88,52, diikuti Juara II dari Tim  Renmil Yonarmed 15/105 Tarik Cailendra dengan perolehan nilai 87,43 dan Juara III dari Yonzipur 2/SG dengan perolehan nilai 80,13. Sedangkan untuk prajurit tercepat diraih oleh Pratu Nopi dari satuan Yonarmed 15/105 Tarik Cailendra dengan catatan waktu “ 00 : 52 : 00 ”.