Detak-Palembang.com PALEMBANG – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT)  hari guru, PGRI Kota Palembang bersama KONI Kota bakal menggelar jalan sehat dan aksi memungut sampah dengan masa terbanyak. Kegiatan ini rencananya akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Program kebersihan yang dicanangkan Walikota Palembang, Harnojoyo mendapat respon dari berbagai pihak. Salah satunya adalah yang akan dilaksanakan oleh PGRI dan KONI secara bersama.

Ketua Panitia, Hasanuddin Spd Msi didampingi Bidang Kehumasan Efran Mendayun menjelaskan, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama KONI Kota Palembang, PGRI Sumsel dan PGRI Kota Palembang. Kegiatan akan digelar 19 November mendatang dan akan diikuti oleh 70 Ribu peserta.

“Kegiatan ini bertujuan yakni dalam rangka road to Asian Games 2018 dan menyemarakkan hari PGRI ke 32. Acara ini akan dimulai pukul 06.00 WIB. Dari 70 ribu peserta terdiri dari 60 ribu dari kalangan PNS, guru dan 10 ribu masyarakat umum,” jelasnya.

Hasanuddin menyebutkan, jalan aksi mungut sampah dan jalan sehat menempuh dua jalur,  yakni jalur pertama start Jalan Kamboja, Jalan Saroja,  Dwikora I dan II,  Jalan Anwar Sastro,  Jalan Sudirman, kemudian melintas ke Sekip lalu kea rah Kodam,  Telkom,  SMAN 3 dan masuk lagi ke Kamboja.

Sedangkan jalur kedua melintas Jalan Mayor Sentoso,  Jalan Sudirman,  menuju Flyover Simpang Polda,  Jalan Radio, Jalan Demang Lebar Daun, SMKN 2, Jalan Trikora,  masuk Jalan Dwikora dan Aryodilla terakhir Kamboja.

Ditambahkannya,  kegiatan lain di tempat yang sama disediakan bazar.  Pihaknya menyediakan kesempatan seluruh pelaku bisnis atau UMKM untuk mengikuti bazar yang biaya tenda besa Rp500 ribu,  kecil Rp300 ribu dan payung Rp200 ribu.

Selain itu ada kegiatan donor darah yang akan diikuti 300 pendonor dari guru dan PoLPP yang bekerjasama dengan PMI.

“Nanti beragam hadiah mulai 3 unit motor,  3 unit kulkas,  mesin cuci dan ratusan hadiah lainnya.  Bahkan umroh gratis kita siapkan guna menyemarakkan acara jalan sehat dan aksi memungut sampah tersebut,” tutupnya.