Detak-Palembang.com MUARADUA – Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan yang merupakan pemekaran dari Kabupaten OKU memperingati hari jadinya yang ke 14, hal itu  ditandai dengan pelaksanaan Sidang Paripurna Istimewa DPRD OKU Selatan, Selasa (30/01) siang di ruang sidang setwan setempat.

Kabupaten OKU Selatan berdiri  berdasarkan UU No 37 Tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan.

Demikian diungkapkan oleh Ketua DPRD Kabupaten OKU Selatan Yohana Yuda Yanti saat membuka rapat Paripurna Istimewa itu.

Menurut Yohana, pembentukan Kabupaten OKU Selatan tidak terlepas dari peran organisasi P3KOS (Panitia Persiapan Pembentukan Kabupaten OKU Selatan) yang diketuai oleh H. Muhtadin Sera’I yang kelak menjadi bupati selama dua periode.

Selanjutnya, Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo dalam sambutannya menyatakan bahwa daerahnya memiliki kekayaan etnik yang tidak dimiliki daerah lain.

Ada 6 suku besar dengan bahasa yang berbeda yaitu Daya, Ranau, Haji, Komering, Semende dan Ogan, namun keamanan dan ketertiban tetap terjaga berkat kerjasama masyarakat, pemerintah dan aparat keamanan baik dari Polri maupun TNI.

Belum lagi ditambah dengan suku pendatang seperti Jawa, Sunda Bali, Minang dan lain-lain.

Dengan potensi budaya yang sangat plural didukung potensi wisata alam, OKU Selatan ke depan akan fokus dalam bidang turisme.

“Kami sudah memiliki lapangan terbang yang sudah eksisting yaitu Bandara Banding Agung dan secara bertahap bapak gubernur sudah memberi dukungan” ujar Popo.

Bandara tersebut kata Popo sudah akan direvitalisasi, dibuktikan dengan pihaknya sudah berusaha untuk memenuhi dokumen-dokumen yang diminta oleh Kemeterian Perhubungan RI.

Ia juga meminta kepada Gubernur Sumatera Selatan agar jalan provinsi yang ada di wilayahanya diperbaiki dan diperlebar agar akses menuju daerah wisata semakin nyaman dan aman.

Dimana wilayah sekitar Danau Ranau akan dijadikan kawasan yang ternintegrasi untuk mewujudkan kemajuan pariwisata yang didukung oleh potensi budaya, alam dan potensi lainnya.

Terakhir Pemkab OKU Selatan beserta seluruh jajarannya siap untuk mensukseskan Asian Games 2018 di kota Palembang sebagai even internasional.

“Dan kami siap pula mensukseskan pilkada serentak”, tegas mantan legislator itu.

Sementara itu, dalam sambutannya Gubernur Alex Noerdin  mengapresiasi atas pembangunan yang sudah dilaksanakan di Kabupaten OKU Selatan dan juga memberikan apresiasinya atas kekayaan pesona alam dan etnik yang beragam.

Alex melanjutkan, kalau nanti pada saatnya Sumatera Selatan sudah ditetapkan sebagai provinsi spot tourisme, pendukung utamanya adalah OKU Selatan.

Di OKU Selatan papar dia, ada Gunung Seminung, bukit, Danau Ranau, rafting arus deras dan air panas yang merupakan potensi luar biasa bidang pariwisata, meskipun bisa saja menjadi daerah industri.

“Tinggal trasnportasi dan akses menuju tempat wisata, saya janjikan untu tahun ini ada perbaikan,” tukas warga kehormatan Korps Brimob itu.