Detak-Palembang.com PALEMBANG – Komando Distrik Militer (Kodim) 0418/Palembang menyelenggarakan acara silaturahmi dan buka puasa bersama bertempat di Gedung AIKI Jln. Diponegoro Kel. Talang Semut Kec. Bukit Kecil Kota Palembang pada hari Selasa petang (22/5) yang mengambil tema “Dengan Ibadah Ramadhan kita pererat persaudaraan dan sinergitas untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan”.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Palembang Bapak H.Darmawan, S.H., Dandim 0418/Palembang Letkol Inf Honi Havana, M,MDS., Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono HB S.IK., S.H., M.M., Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Dwi Prasetyo Rahendro Nugroho, unsur Muspida Kota Palembang, para Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 0418/Palembang, para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda di wilayah Kota Palembang, dan anggota beserta Ibu-Ibu Persit KCK Cabang XXXXII Kodim 0418/Palembang.

Dalam sambutannya Dandim 0418/Palembang Letkol Inf Honi Havana, M,MDS. menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang telah menyempatkan diri hadir dalam acara ini. “Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi diantara kita agar dapat membina tolerasi antar umat bergama demi mewujudkan Palembang yang damai dan sejahtera,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa pada tahun ini di Kota Palembang akan menghadapi iven besar, yaitu pelaksanaan Pilkada serentak dan penyelenggaraan Asian Games ke-XVIII tahun 2018. “Untuk menghadapi Pilkada serentak dan perhelatan olahraga se-Asia ini, mari kita sama-sama dukung untuk mensukseskannya dengan tetap menjaga sinergitas guna menjaga keamanan, kenyamanan serta ketentraman di Kota Palembang ini,” terang Dandim.

Sementara itu, Ustadz Drs. H. Solihin Hasibuan, M.Pd.I. dalam tausiahnya menyampaikan, bahwa Puasa diartikan selain menahan nafsu makan dan minum, ini juga melatih umat muslim untuk dapat menahan diri dari berbagai godaan hawa nafsu. Kewajiban umat muslim dihadapan Allah SWT senantiasa harus taat dalam menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Sehingga kita dapat diberikan kemudahan, rejeki dan barokah dalam kehidupan kita.

“Ramadhan memberikan pendidikan kepada kita untuk lebih bersabar dengan menahan diri melawan hawa nafsu dari lima hal yaitu jagalah penglihatanmu, jagalah pendengaranmu, jagalah mulutmu, jagalah penciumanmu dan jagalah perutmu serta perbanyaklah beribadah pada bulan Ramadhan, karena Allah SWT memberikan ganjaran yang berlipat ganda kepada umatnya yang senantiasa beribadah kepada-Nya,” urai ustadz Hasibuan.

Adapun rangkaian kegiatan pada silaturahmi dan buka puasa bersama ini adalah didahului dengan sambutan Dandim 0418/Palembang dan tausiah oleh ustadz Drs. H. Solihin Hasibuan, M.Pd.I., dilanjutkan buka puasa bersama dan shalat Magrib berjamaah serta diakhiri dengan acara ramah tamah berupa makan malam bersama.