Detak-Palembang.com LAHAT – Dalam rangka pelantikan anggota Penegak Bantara mejadi Penegak Laksana dari anggota Saka Wira Kartika Kodim 0405/Lahat melaksanakan Hanmars (Ketahanan Mars) dengan melaksanakan pengembaraan dan penjelajahan selama 3 hari jalan kaki dari Dempo Selatan menuju Markas Kodim 0405/Lahat dengan menempuh jarak 51 Km, Senin (22/10).

Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 19 hingga 21 Oktober 2018 dan berangkat dari pangkalan sekolah di Dempo Selatan pukul 16.00 Wib, tiba di Markas Kodim 0405/Lahat pukul 17.45 Wib disambut langsung oleh Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf Agus Subakto. Setelah melakukan Shalat Maghrib bersama para peserta memasak untuk makan malam dilanjutkan acara ramah tamah antara para peserta Saka Wira Kartika dengan anggota Kodim 0405/Lahat. Dalam cara tersebut Pasiter berkesempatan memberikan wejangan berkaitan dengan hal-hal kegiatan kepramukaan.

Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang Matra Darat. Matra Darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa dan sungai.

Sesampainya di Markas Kodim, selain melakukan kegiatan ramah tamah, para peserta ini juga melakukan pengisian buku SKU (Syarat Kecakapan Umum) peralihan Golongan dari penegak Bantara menjadi Penegak Laksana yang diikuti oleh 87 orang.

Sebagaimana diketahui, Syarat Kecakapan Umum (SKU) untuk Pramuka Penegak terdiri atas dua tingkat yaitu, SKU Penegak Bantara dan SKU Penegak Laksana. Bagi Pramuka Penegak yang telah menyelesaikan SKU Bantara dan telah dilantik menjadi Penegak Bantara, selain berhak mengenakan TKU Bantara pun berhak untuk meminta uji butir-butir dalam SKU Penegak Laksana. Setelah kesemua butir dalam SKU Penegak Laksana terselesaikan, penegak Bantara tersebut dapat meminta untuk dilantik menjadi Penegak Laksana oleh pembinanya dan mengenakanTanda Kecakapan Umum Penegak Laksana.