Detak-Palembang.com PALEMBANG- Kejurnas Perahu Naga Piala Presiden 2018 di komplek Jakabaring Sport City (JSC), Hari ini (15/07) telah resmi mengumumkan pemenang. Sebelumnya Kejuaraan Nasional Perahu Naga Piala Presiden 2018 ini dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Sabtu (14/7) Kemarin, di Venue Dayung JSC. 

Kejuaraan Perahu Naga Piala Presiden 2018 dimenangkan oleh Provinsi Jawa Barat dengan perolehan empat medali emas, disusul dengan Papua yang meraih dua perak, kemudian Provinsi Jawa Timur dan DKI Jakarta membawa pulang masing-masing satu perak, serta Provinsi Kalimantan tengah dan Provinsi Kalimantan Timur masing-masing memperoleh dua perunggu.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) sekaligus Ketua Umum KONI Provinsi Sumsel yakni Alex Noerdin menuturkan, test event sekaligus piala Presiden ini bertujuan untuk mencoba fasilitas yang ada, kemudian untuk melatih volunteer serta melatih sumber daya manusianya.

“Itulah gunanya test event, itu semua akan dicatat oleh panitia pelaksana kita kedepan, apa saja kekurangan yang ada akan segera diperbaiki. Bangga kita para atlit bisa berlatih, bertanding disini,” tuturnya.

Alex mengungkapkan, JSC merupakan kota olahraga berstandar international yang dilengkapai 20 venue olahraga dari 20 cabang olahraga (cabor) bertaraf international, salah satunya adalah venue dayung terbaik di dunia.

“hanya ada satu didunia kompleks olahraga 20 cabor 20 venue semuanya berstandar international, sertifikasi dari induk olahraga dunia, masing-masing berada disatu tempat terintegrasi ditengah kota palembang,” ungkapnya.

Menurutnya, JSC adalah milik bangsa indonesia bukan hanya milik Provinsi Sumsel saja. Mengingat pembangunanya dilakukan secara bersama-sama dengan Pemerintah pusat, pihak swasta, bahkan pihak luar negeri.

“Terimakasih kepada semua tamu yang datang, kepada para atlit terimakasih, segera Saya laporkan kepada Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Perahu Naga Piala Presiden 2018 telah berakhir dengan sukses,” pungkasnya.