Detak-Palembang.com SEKAYU – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melaksanakan Rapat Pengendalian dan Evaluasi Program/Kegiatan triwulan satu, Jum’at (17/3) bertempat di Auditorium Setda Muba. Rapat ini diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terdiri dari Sekretaris OPD, Kuasa Pengguna Anggaran/Pejabat Pembuat Komitmen dan PPTK. Rapat dipimpin Plt Sekda Muba, Drs H Apriyadi MSi didampingi Asisten I, II dan III Setda Muba.

Kepala Bappeda Kabupaten Muba, Drs Yusuf Amilin melaporkan bahwa Rapat Pengendalian dan Evaluasi ini merupakan  bagian dari Manajemen Pembangunan, yang secara sistematis mengumpulkan  serta menganalisa data dan informasi tentang pelaksanaan kegiatan dan kebijakan pembangunan dengan memperbandingkan antara perencanaan  dan realisasinya, berupa penilaian kemajuan fisik, serapan dana, jadwal pelaksanaan, penyelesaian dan penanganan masalah serta  administrasi pendataan lapangan.

Adapun Tujuan Rapat ini adalah menyamakan persepsi dan pandangan bagaimana  mengoptimalkan waktu yang tersedia untuk menyelesaikan kegiatan yang menjadi tanggungjawab kita sesuai dengan standar yang direncanakan. 

“Pengendalian program/kegiatan yang meliputi pelaporan, monitoring dan evaluasi harus dilakukan terus menerus oleh seluruh OPD, kita harus menyadari bersama bahwa pengendalian program/kegiatan akan memberi manfaat bagi pengambilan keputusan yang tepat, cepat dan akurat demi keberhasilan pelaksanaan program/kegiatan, dengan sistem pelaporan pelaksanaan program/kegiatan yang benar akan dapat diketahui perkembangan pelaksanaan program/kegiatan dari waktu ke waktu, dengan melaksanakan monitoring kita akan dapat mengetahui kemajuan dan permasalahan di lapangan secara dini, sehingga pemecahan masalah dan langkah-langkah tindak lanjut yang diperlukan dapat diambil secara cepat dan tepat. disamping itu evaluasi sangat diperlukan untuk dapat menilai kinerja pengelolaan program/kegiatan di masing-masing unit kerja,” jelasnya.

Pada kesempatan rapat  OPD dipersilakhan untuk menyampaikan  realisasi program/kegiatan yang menjadi tanggungjawabnya yang dilanjutkan dengan evaluasi pencapaian tersebut, pelaksanaan pelaporan, pembahasan hasil monitoring dan realisasi keuangan. Harapannya OPD dapat melakukan langkah-langkah optimalisasi dalam pelaksanaan program/kegiatan.

Dalam arahannya Sekda menyatakan bahwa rapat pengendalian dan evaluasi yang kita akukan ini mempunyai arti yang sangat  strategis dalam memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan program/kegiatan secara berkala, sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban kita atas kepercayaan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing OPD, dimana keberhasilan dalam melaksanakan program/kegiatan harus dapat  diukur,  transparan dan secara administrasi dapat dipertanggung jawabkan.

“Hal ini akan dapat tercapai apabila pelaksanaan program/kegiatan dapat berjalan dengan efektif, efisien,  ekonomis dan sesuai target dan jadwal yang telah ditetapkan serta memberikan dampak yang sebesar-besarnya terhadap masyarakat  sekaligus mewujudkan pelayanan kepada masyarakat demi tercapainya penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab, “imbuhnya.

Dalam kesempatan dan tempat yang sama juga dilangsungkan penyerahan Buku Daftar Konstruksi kepada Camat/perwakilan dari 11 kecamatan yang meliputi Kecamatan Sekayu, Sungai Keruh, Lais, Keluang, Plakat Tinggi, Batanghari Leko, Sungai Lilin,  Bayung Lencir, Lalan,  Lawang Wetan dan Babat Supat.