Detak-Palembang.com PALEMBANG – Mewakili Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno menyerahkan secara simbolis sertifikat untuk masyarakat tiga kabupaten/kota yakni Palembang, Banyuasin, Ogan Ilir, di Palembang Sport and Convention Center Jalan POM IX, Kamis (28/12).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Pertanahan Nasional  Provinsi Sumatera Selatan (BPN Prov Sumsel)  dihadiri oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin dan Walikota Palembang, Harno Joyo. Penyerahan yang dilakukan secara bersamaan dengan Presiden Jokowi yang berada di kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat melalui video conference.

Penyerahan secara serentak selain di Sumsel juga dilaksanakan di Sulawesi Selatan, Lampung, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat dan Jambi.

Di Pontianak Presiden menyerahkan 110.394 sertifikat, sementara sertifikat yang dikeluarkan oleh BPN Prov Sumsel sebanyak 140.335. yang diserahkan sebanyak 5.000 serifikat.

Presiden Jokowi saat video conference mengatakan, Sertifikat yang dibagikan ini beraneka ragam. Untuk sertifikat perumahan dengan ukuran luas 2.000 meter per segi, sedangkan sertifikat lahan (pertanian/perkebunan) maksimal 5 hektare.

“Sertifikat ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Sertifikat ini sudah di sah dan bisa digunakan untuk modal usaha,” jelas Jokowi.