Detak-Palembang.com SEKAYU –  Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) bersama Tim Penggerak PKK Muba, Kamis (23/3) melaunching Gerakan tanam cabai (Gertam Cabai) dan penandatanganan Kesepakatan bersama antara Dinas Ketahanan Pangan bersama TP PKK tentang peningkatan ketahanan pangan dan gizi keluarga di Taman Agro Bisnis Sekayu. 

Gerakan yang dilaksanakan secara Nasional ini merupakan salah satu upaya percepatan penganekaragaman konsumsi pangan melalui konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari(KRPL).

Gertam Cabai dilaksanakan untuk menanggulangi lonjakan harga cabai yang menyebabkan inflasi yang terjadi setiap tahun, serta terpenuhinya kebutuhan konsumsi rumah tangga, mendukung pasokan cabai di setiap wilayah dan menghemat pengeluaran rumah tangga serta meningkatkan pendapatan daerah, kata Yusman Ir H Yusman Srianto MT kepala Dinas Ketahanan Pangan.

Senada diungkapkan oleh Ketua TP PKK Muba, Hj Yulisawati Yusnin bahwa potensi lahan pekarangan rumah yang luas merupakan sumber daya alam yang seyogyanya dapat dimanfaatkan dan dikembangkan dengan ditanami berbagai sayur dan buah terutama Cabai.’

“Dengan memaksimalkan potensi itu, diharapkan Cabai dapat tersedia ditingkat rumah tangga setiap saat tak terkecuali pada bulan-bulan paceklik dan tidak dipengaruhi musim tanam. Sehingga tidak ada lagi ibu-ibu yang mengeluh tentang harga cabai yang tinggi, karena kebutuhan mereka sudah dapat terpenuhi dari tanaman di sekitar rumahnya,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Plt Sekretaris Daerah Drs H Apriyadi MSi dalam sambutanya meminta semua unsur terkait khususnya para Kades dan lurah dibawah koordinasi camatnya untuk benar-benar melaksanakan program tersebut secara maksimal.

“Saya mengharapkan Launching Gertam cabai dan kesepakatan bersama ini bukan hanya sekedar acara seremonial belaka, akan tetapi menjadi pemacu dan penyemangat bagi kita. Kita tunjukan bahwa keluarga di Bumi Serasan Sekate dapat mandiri dalam memenuhi pangan keluarganya termasuk komoditi Cabai,” tegasnya.

Ini adalah langkah awal, kata Apriyadi, jika ini berjalan sukses kedepan Pemkab Muba secara khusus akan menyiapkan anggaran melalui APBD untuk dilaksanakan secara masif lagi.

Diakhir acara dilaksanakan penanaman perdana Bibit Cabai oleh Plt Sekda, Ketua TP PKK didampingi beberapa kepala Perangkat daerah.

Hadir dalam acara tersebut, Asisten III H Ibnu Saad SSos MSi, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Ir Thamrin, Camat Sekayu, Camat Sungai Keruh, Camat Lais serta tamu undangan lainya.