Detak-Palembang.com PALEMBANG – Partai Demokrat seSumsel melakukan trobosan dalam mekanisme penjaringan Calon Anggota Legislatif (Caleg), dimana pendaftaran bakal Caleg bisa dilakukan dimana saja melalui Online pada situs sahabatdemokrat.id. Namun pendaftaran bakal Caleg juga bisa dilakukan secara konvensional dengan mendatangi langsung sekretariat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumsel.

Demikian disampaikan Ketua tim penjaringan Calon Legislatif Sumsel, Firdaus Hasbullah kepada awak media. DPD Partai Demokrat  Sumsel sendiri lanjutnya telah membuka penjaringan Caleg sejak tanggal 21 Mei 2018 hingga 10 Juni 2018. Pendaftaran sendiri dapat dilakukan secara langsung ke pihak Partai Demokrat setempat atau melalui online.

“Partai Demokrat melalui Ketua Umum mengajak putra putri terbaik bangsa untuk maju mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Kota,” ujar Firdaus Hasbullah, di Kantor DPD Partai  Demokrat Sumsel Rabu (30/05).

Dikatakan Firdaus Ketua tim penjaringan Caleg Demokrat, pihaknya telah membuka pendaftaran sejak beberapa hari lalu. Jikapun masyarakat tidak mau repot dan mengerti dunia internet bisa mendaftarkan diri melalui online.

”Kalau lewat online itu melalui sahabatdemokrat.id, jadi memang Partai Demokrat memberikan kepada semuanya untuk dapat meraih kesuksesan di masa depan,” terang pria yang juga Ketua BPOKK DPD Partai Demokrat Sumsel.

Seperti yang di ketahui, untuk saat ini Partai Demokrat di Sumsel telah memiliki kursi di parlemen di berbagai Kabupaten Kota. Sedangkan untuk pemilihan Gubernur tahun ini, Demokrat juga memiliki jagoannya sendiri yakni Ishak Mekki yang tak lain merupakan Ketua Demokrat Sumsel dan berpasangan dengan Yudha Mahyudin.

Adapun persyaratan umum menjadi Caleg :

Telah Berumur 21 (dua Puluh Satu) Tahun Atau Lebih.

Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Bertempat Tinggal Di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Cakap Berbicara, Membaca, Dan Menulis Dalam Bahasa Indonesia.

Berpendidikan Paling Rendah Tamat Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Kejuruan, Madrasah Aliyah Kejuruan, Atau Pendidikan Lain Yang Sederajat.

Setia Kepada Pancasila Sebagai Dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Dan Cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Tidak Pernah Dijatuhi Pidana Penjara Berdasarkan Putusan Pengadilan Yang Telah Mempunyai Kekuatan Hukum Tetap Karena Melakukan Tindak Pidana Yang Diancam Dengan Pidana Penjara 5 (lima) Tahun Atau Lebih.

Sehat Jasmani Dan Rohani.Terdaftar Sebagai Pemilih.

Bersedia Bekerja Penuh Waktu.

Mengundurkan Diri Sebagai Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah, Pegawai Negeri Sipil, Anggota Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Direksi, Komisaris, Dewan Pengawas Dan Karyawan Pada Badan Usaha Milik Negara Dan/atau Badan Usaha Milik Daerah Atau Badan Lain Yang Anggarannya Bersumber Dari Keuangan Negara, Yang Dinyatakan Dengan Surat Pengunduran Diri Yang Tidak Dapat Ditarik Kembali.

Bersedia Untuk Tidak Berpraktik Sebagai Akuntan Publik, Advokat/pengacara, Notaris, Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), Atau Tidak Melakukan Pekerjaan Penyedia Barang Dan Jasa Yang Berhubungan Dengan Keuangan Negara Serta Pekerjaan Lain Yang Dapat Menimbulkan Konflik Kepentingan Dengan Tugas, Wewenang, Dan Hak Sebagai Anggota DPR, DPRD Provinsi, Dan DPRD Kabupaten/kota Sesuai Dengan Ketentuan Peraturan Perundang-undangan.

Bersedia Untuk Tidak Merangkap Jabatan Sebagai Pejabat Negara Lainnya, Direksi, Komisaris, Dewan Pengawas Dan Karyawan Pada Badan Usaha Milik Negara Dan\/atau Badan Usaha Milik Daerah Serta Badan Lain Yang Anggarannya Bersumber Dari Keuangan Negara.

Menjadi Anggota Partai Politik Peserta Pemilu  memiliki KTA Partai Demokrat.

Dicalonkan Hanya Di 1 (satu) Lembaga Perwakilan dan dicalonkan Hanya Di 1 (satu) Daerah Pemilihan.