Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pemerintah kota Palembang siap mensukseskan hajatan tahunan haul kiai marogan yang akan berlangsung pada 13 – 15 April mendatang. 

Hal ini disampaikan Pjs Walikota Palembang Akhmad Najib saat menerima audiensi pantia haul kiai marogan di kediaman dinas Walikota Palembang, Selasa (27/3/2018).

Akhmad Najib mengungkapkan, Pemerintah kota Palembang mendukung penuh dan siap mensuport pelaksanaan haul kiai marogan.

“Kita akan support penuh kegiatan tersebut, karena memang haul kiai marogan ini acara rutin tahunan, dan kiai marogan adalah ulama besar Palembang yang sudah dikenal sampai mancanegara, oleh karena itu akan kita berikan yang terbaik pada haulnya,” ungkap Akhmad Najib.

Akhmad Najib mengajak seluruh masyarakat Palembang untuk dapat meneladani sifat dari kiai Marogan.

“Haul kiai marogan mari kita jadikan momentum untuk mengenang dan meneladani kehidupan dari beliau, ulama besar asli Palembang yang berdakwah dengan kegigihan menayiarkan Islam di Palembang ini,” ujar Najib.

Ketua panitia Haul Kiai Marogan Ustadz Yayan menjelaskan, kegiatan haul akan berlangsung selama tiga hari dari mulai Jumat 13 April hingga Ahad 15 April 2018.

“Puncaknya hari jumat 13 April, bada Jumat kita ada wisata religi menaiki kapal ziarah ke makam kiai marogan, lalu malam harinya acara Puncak pengajian dan ceramah agama yang akan diikuti lebih dari 12.000 jamaah, lalu hari sabtu akan ada perlombaan, dan hari ahad akan diisi dengan acara pengajian khusus ibu-ibu,” jelas Ustadz Yayan.

Ustadz Yayan mengatakan, pada haul tahun ini akan sedikit berbeda, dimana panitia haul juga akan mempromosikan budaya Palembang.

“Pada acara haul nanti akan ada penampilan kesenian khas Palembang dan semua panitia akan menggunakan pakaian adat Palembang, hal ini dilakukan sebagai upaya mempromosikan budaya Palembang dan menegaskan bahwa Kiai Marogan merupakan ulama asli Palembang,” ujar Ustadz Yayan.