Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kota Palembang kembali mendapatkan bantuan dari kementerian perhubungan Republik Indonesia berupa bus air yang akan digunakan sebagai transportasi intermoda di perairan sungai musi. 

4 buah bus air sudah sampai di Palembang dan akan menyusul satu buah bus air lagi.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang Kurniawan mengungkapkan, bantuan bus air ini merupakan hasil dari permohonan langsung dari Walikota Palembang H. Harnojoyo.

“Beberapa waktu yang lalu, Pak Walikota meloby langsung pak Menteri untuk mendapatkan bus air ini, setelah melalui perjalanan panjang, Alhamdulillah hari ini 4 bus air sudah tiba dan sudah di ujicoba,” ungkap Kurniawan, Saat ujicoba bus air di dermaga Dishub Kota Palembang, Senin (9/7/2018).

Kurniawan menjelaskan, spesifikasi yang dimiliki oleh bus air ini cukup canggih.

“Bus Air ini bisa menampung hingga 20 penumpang, dan sudah menggunakan mesin ganda, mencapai 500 PK, dilengkapi dengan 2 AC dan GPS, jadi spesifikasinya sudah sangat canggih,” jelas Kurniawan.

Bus air ini, lanjut Kurniawan nantinya akan resmi beroperasi sebagai angkatan umum setelah usai Asian Games.

“Pada saat asian games akan digunakan sebagai bus wisata air untuk para atlet dan official asian games, pasca asian games baru kita aktifkan untuk angkutan umum yang terintegrasi dengan LRT dan transmusi,” lanjut Kurniawan.

Kurniawan menambahkan, untuk pengeloaannya diserahkan kepada PT SP2J.

“SP2J yang akan mengelolanya, namun dari 5 bus air ini, hanya 3 bus yang diserahkan kepada Pemerintah kota Palembang, sementara 1 bus untuk Pemerintah Provinsi dan 1 bus lagi kepada Pemerintah Kabupaten Banyuasin,” pungkasnya.