Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang saat ini tengah mengerjakan pembuatan pompanisasi sungai bendung di kawasan Jalan Ali Gatmir dan revitalisasi kolam retensi brimob di Jalan Demang Lebar Daun. Pemkot Palembang melalui Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda menginstruksikan pengerjaan di dua lokasi tersebut agar dipercepat.

Terang saja, berdasarkan topografinya Palembang merupakan kota dengan 60 persen rawa-rawa. Sehingga sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Palembang nomor 11/2012 tentang daerah rawa, ada prosedur dan penilaian tertentu mengenai pembangunan kolam retensi dan hal lainnya di sekitar daerah rawa.

Instruksi percepatan pengerjaan ini dilakukan Fitri untuk menyambut perhelatan akbar yakni Asian Games 2018 mendatang. Betapa tidak, bila kedua daerah resapan air ini sudah berfungsi normal maka tidak akan ada lagi genangan air saat hujan di sekitar kawasan tersebut.

Fitri menjelaskan, pompanisasi sungai bendung di Jalan Ali Gatmir ini progresnya yang dapat dilihat bersama sudah memasuki sekitar 70 persen pengerjaan. Pihaknya berharap agar masyarakat sekitar dapat mendukung penuh pembangunan pompanisasi ini agar hasilnya dapat dinikmati bersama, khususnya saat ada perhelatan akbar di Kota Palembang ini.

“Kalau ini sudah selesai, pasti tidak akan ada lagi genangan air. Tapi masyarakat juga jangan membuang sampah sembarangan lagi terutama di aliran sungai,” imbaunya seusai meninjau progres pengerjaan pompanisasi sungai bendung di Jalan Ali Gatmir dan revitalisasi kolam retensi brimob di Jakan Demang Lebar Daun, Selasa (26/6/2018).

Sementara, lanjut Fitri, untuk revitalisasi kolam retensi brimob di Jalan Demang Lebar Daun sendiri progresnya baru berjalan sekitar 20-30 persen dan juga ditargetkan dapat dimanfaatkan saat Asian Games. “Jadi kita harapkan kedua lokasi serapan air ini dapat berfungsi saat Asian Ganes mendatang,” harapnya.

Menurutnya, lahan kolam retensi ini sendiri seluas tiga hektar dengan menelan dana pengerjaannya sekitar Rp9,8 miliar. “Nanti di sini juga akan dibangun taman serta jogging track, sehingga kolam retensi ini sendiri dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal seperti kolam retensi kambang iwak,” paparnya.

Selain itu, ia menambahkan, saat ini juga Pemkot Palembang tengah membangun 35 kolam retensi, drainase, pintu air dan gorong-gorong untuk meminimalisir banjir. “Kalau ini selesai semua, pastinya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat,” tukasnya.