Detak-Palembang.com PALEMBANG – Dalam upayanya menghidupkan kembali destinasi wisata di Kampung Kapitan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang membuka Youth Creative Festival 2018 yang diselenggarakan sejak 28 Februari hingga 2 Maret mendatang.

Secara resmi, Pemkot Palembang melalui Asisten 3 Pemkot Palembang Agus Kelana membuka Youth Creative Festival 2018 di Rumah Kapitan, Rabu (28/2). Jadi kegiatan ini adalah rangkaian puncak perayaan Cap Gomeh di Kampung Kapitan.

“Tujuannya menghidupkan kembali Kampung Kapitan. Di mana kampung ini merupakan destinasi wisata lama yang mengandung unsur sejarah dan kebudayaan,” terangnya seusai membuka Youth Creative Festival 2018.

Senada, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani menerangkan, melalui event ini pihaknya berharap dapat membuka mata dunia tentang potensi wisata ini di kawasan Kampung Kapitan dan destinasi wisata lain di Kota Palembang.

“Akan kita lengkapi sarana dan pra sarananya. Kita ingin ini menjadi event tahunan dan juga kita inginnya kementerian pariwisata bisa mensejajarkan kita dengan Kota Singkawang, Kalimantan Barat yang sudah viral di dunia dalam perayaan Cap Gomehnya,” harap dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ini juga adalah rangkaian dari acara Cap Gomeh yang ada di Pulau Kemaro. Bahkan di sini juga terdapat even lain seperti street food, pameran barang antik dan lain sebagainya.

“Kita harapkan sebelum wisatawan berkunjung ke sana, maka mereka akan ke sini (Kampung Kapitan). Sebab di sini sudah kita sediakan bus air untuk mengangkut mereka menuju Pulau Kemaro,” tukasnya.