Detak-Palembang.com MUARADUA – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan melalui dinas sosial pada 2018 ini mulai menyalurkan beras sejahtera (Rastra) kepada masyarakat yang tidak mampu di kabupaten itu. 

Penyaluran tersebut ditandai dalam acara  Launching Penyaluran Bantuan Sosial Pangan Beras Sejahtera ( Rastra ) tahun 2018 di aula Kantor Kecamatan Muaradua, Kamis (25/01).

Dalam acara yang juga dihadiri Kepala Bulog Subdivre OKU Junaidi Hanfia itu terungkap bahwa terjadi penurunan kuantitas beras yang akan diterima oleh kepala keluarga (KK), dimana pada tahun lalu sebanyak 15 kg/KK, adapun pada tahun ini menjadi 10 kg/KK.

Data penurunan itu dinyatakan oleh Dinas Sosial Kabupaten OKU Selatan melalui salah seorang pegawainya yaitu Arsen, ia juga memberikan informasi bahwa Rastra ini nantinya dapat diambil di masing-masing pemerintah desa/kelurahan setempat.

Sementara itu Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten II Hermansyah Said menjelaskan, beras sejahtera adalah strategi pemenuhan kebutuhan dasar dalam bentuk pangan yang dilakukan secara Nasional.

Bantuan Sosial Pangan ini diharapkan dapat memenuhi sebagian dari kebutuhan pangan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sehingga dapat mengurangi pengeluarannya dalam memenuhi kebutuhan pangannya.

Dalam pelaksanaan penyalurannya, Perum Bulog juga mendapatkan tugas untuk menyalurkan bansos rastra hingga ke titik distribusi, kemudian pemerintah daerah bertanggung jawab dalam pendistribusian sampai ke titik bagi. Dan diharapkan penyaluran bansos rastra ini dapat tersalurkan dengan lancar kepada keluarga penerima manfaat setiap bulannya.