Detak-Palembang.com MUARADUA – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan memperingati HUT SATPOL PP ke-65 dan Satlinmas ke-53 dengan upacara yang dilaksanakan di lapangan pemkab, Kamis (23/03) pagi.

Dalam upacara yang diawali dengan pembacaan sejarah singkat Satpol-PP itu, berlaku sebagai inspektur upacara adalah Bupati Popo Ali Martopo yang selanjutnya melakukan pemeriksaan pasukan.

Dalam amanatnya Bupati OKU Selatan ini membacakan amanat Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo yang meyatakan, tema HUT Pop PP dan Linmas tahun 2017 ini adalah “Peningkatan Peran Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam Menjaga Ketertiban Umum dan Menjaga Kemajemukan Masyarakat di daerah di wilayah NKRI”.

Dikatakannya dalam amanat tersebut bahwa Satpol-PP merupakan potensi yang besar sehingga harus dimanfaatkan.

Dan akan bertambah kuat dengan memanfaatkan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat dalam kegiatan-kegiatan seperti kegiatan deteksi dini, pengamanan bersama Kepolisian RI, pertahanan dan ancaman bencana alam.

Maka sangatlah perlu merubah pola pikir Satpol PP dalam menjalankan tugasnya, yang harus mengedepankan dialog dengan senyum ramah terhadap masyarakat.

Dan meninggalkan pola pikir Dilayani menjadi Melayani masyarakat dimanapun Satpol-PP berada.

Acara yang berlangsung hidmat tersebut dilanjutkan dengan penghormatan kepada lambang kesatuan dan menutup rangkaian HUT Polisi Pamong Praja Ke-67 dengan pemotongan tumpeng.

Selain itu uga dimeriahkan oleh penampilan marching band Gita Darma Praja Kabupaten OKU Selatan.

Upacara tersebut diikuti oleh Pimpinan dan Anggota DPRD, Forum Komunikasi Pemimpin Daerah, Komandan Kesatuan TNI/POLRI,  Pimpinan SKPD beserta PNS di lingkungan Pemkab OKU Selatan.