Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palembang menyalurkan 1.290 bingkisan lebaran kepada yang berhak menerima zakat. Bingkisan lebaran secara simbolis diserahkan Pjs Walikota Palembang Dr H Akhmad Najib SH MHum, Kamis (7/6), di Rumah Dinas Walikota Palembang.

“Penyaluran zakat dan bingkisan seperti ini tujuannya untuk meningkatkan semangat para mustahiq. Terimalah bingkisan ini, meskipun jumlahnya tidak seberapa. Kita harus senantiasa bersyukur dan selalu berusaha untuk meningkatkan taraf hidup kita,” ujar Najib.

Dilanjutkannya, membayar zakat wajib hukumnya. Di Bulan Ramadhan ini, Pjs Walikota mengajak seluruh pihak untuk meningkatkan rasa serta kepedulian sosial. Dirinya mengajak seluruh pihak untuk meningkatkan kesadaran untuk menyalurkan zakat, khususnya melalui Baznas.

Dijelaskannya, Baznas merupakan amil zakat yang dibentuk pemerintah. Ada transparansi dalam penyaluran zakat yang diamanahkan masyarakat.

“Kita harus lebih dekat dengan masyarakat kurang mampu. Bersama-sama kita harus mengurangi kemiskinan, salah satunya melalui zakat,” ujarnya.

Sementara itu, ketua Baznas Kota Palembang Drs HM Saim Marhadan mengatakan, pihaknya telah membentuk unit pengumpul zakat di Dinas dan Instansi Pemerintah. Dijelaskannya, bingkisan lebaran yang disalurkan tersebut, 1.090 berasal dari baznas dan 200 lainnya berasal dari partisipasi Bank Muamalat.

Bingkisan tersebut ditujukan kepada para mustahiq antara lain ustads, ustadzah, panti asuhan, dan para dhuafa. Bingkisan lebaran berupa sembako tersebut diharapkan mampu membantu para mustahiq dalam mempersiapkan Idul Fitri.