Detak-Palembang.com PALEMBANG – Ratusan personel dari TNI, Polri, Sat Pol PP, masyarakat dan pelajar di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI) pada hari Rabu (4/4/2018) mengikuti pembukaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 TA 2018 Kodim 0402/OKI bertempat di lapangan SD Negeri 1 Sungai Ceper Desa Sungai ceper Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten OKI.

Upacara pembukaan kegiatan TMMD ke 101 TA 2018 Kodim 0402/OKI yang mengambil tema “TNI Manungal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa” dibuka oleh Inspektur Upacara Plt. Bupati OKI yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. OKI Bapak H. Husin, S.Pd., M.M. dan dihadiri oleh Dandim 0402/OKI Letkol Inf Seprianizar, S.Sos., Kapolres OKI, Kepala BNN OKI, FKPD dan tokoh agama serta tokoh masyarakat di wilayah OKI.

Dalam amanat Plt. Bupati OKI yang dibacakan oleh Sekda OKI Bapak H. Husin, S.Pd., M.M. menyampaikan, salam hormat dan apresiasinya serta berterimakasih setinggi-tingginya kepada TNI yang terlibat dalam program TMMD ini. “Kegiatan TMMD dalam rangka mempercepat akselerasi pembangunan daerah (Desa) utamanya Desa-Desa pedalaman dan perbatasan wilayah yang bermuara peningkatan ekonomi warga, selaras dengan program Presiden RI Membangun Dari Pinggiran,” sebutnya.

Disamping itu, kegiatan TMMD adalah untuk mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh dan terpelihara serta meningkatkan Kemanunggulan TNI-Rakyat. “TMMD bukan semata membangun sarana fisik bagi masyarakat Desa akan tetapi dapat membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiap siagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi,” ungkapnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf Seprianizar, S.Sos. mengatakan, dalam kegiatan TMMD ke-101 TA 2018 Kodim 0402/OKI ini ada dua kegiatan yang dilaksanakan yaitu fisik dan non fisik. Untuk fisik, kita laksanakan pembangunan  jalan sepanjang 10 Km dengan lebar 5 meter yang menghubungkan antara Dusun V dengan Dusun VIII Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten OKI. Serta akan melanjutkan pembangunan Masjid yang belum rampung selama 25 tahun di Desa tersebut. ”terang Dandim OKI”.

Selain itu, Letkol Inf Seprianizar, S.Sos juga menyampaikan, dalam kegiatan TMMD kali ini akan dilaksanakan kegiatan non fisik, ada 32 kegiatan diantaranya sunatan masal, pengobatan gratis, pemberian vaksin difteri, pelayanan KB, pengentasan buta huruf Al Quran, perlombaan rakyat, olahraga, penyuluhan dan kegiatan-kegiatan dengan masyarakat yang melibatkan komponen dari TNI, Pemda, Polres, Kejari, BKKBN, Ponpes dan organisasi binaan Kodim 0402/OKI,” urainya.

Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf Seprianizar, S.Sos. lulusan Akademi Militer tahun 1999 ini juga menambahkan, bahwa pelaksanaan program TMMD ke-101 TA 2018 ini dilaksanakan di Desa Sungai Ceper, karena Desa ini terisolir, “Perlu dicatat bahwa tidak ada lagi yang namanya kampung senpi, lihat sendiri keramahan warga disini mereka membaur bersama TNI membangun Desanya,” tegas Dandim.